ADVERTISEMENT

Golkar Dukung Pengusutan Kasus Kucing Ditembak Mati di Sesko TNI

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 07:53 WIB
Bobby Adhityo Rizaldi
Foto: Bobby Adhityo Rizaldi. (Dok Pribadi).
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, mendukung pengusutan kasus penembakan kucing-kucing yang diduga ditembak di area Sesko TNI di Bandung. Kucing-kucing itu ada yang mati. Bobby menilai penganiayaan terhadap kucing memiliki ancaman pidana.

"Ya memang setuju untuk diusut karena memang ada hukumnya, yaitu di pasal 302 KUHP dan pasal 66 UU 41/2014 perubahan UU 18/2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan, dan PP 95 tahun 2012 tentang kesejahteraan masyarakat veteriner dan kesejahteraan hewan, di mana melakukan penganiayaan pada kucing/anjing ada ancaman pidana penjara dan sanksi administrasi," kata Bobby kepada wartawan, Rabu (17/8/2022).

Bobby berharap terkait ancaman pidana ini dipertimbangkan oleh TNI jika pelaku penganiayaan ini telah diketahui. Dia tak ingin kasus yang sama terjadi lagi.

"Ini hendaknya dipertimbangkan dalam kebijakan di ranah militer, bila sudah terlacak pelakunya dan agar tidak terjadi lagi di masa depan," tuturnya.

Menurut Bobby, norma hukum terkait penganiayaan terhadap hewan itu ada di ranah sipil. Namun, Bobby berharap kebijaksanaan TNI untuk mempertimbangkan norma hukum itu.

"Ya di masyarakat umum kan ada norma hukum di atas, tapi di ranah militer rasanya belum ada norma tersebut, jadi kebijaksanaan saja," kata dia.

"Anggota TNI aktif kan di pengadilan militer, di pasal 1 (13) UU TNI, yang melakukan tindakan pidana diadili di peradilan militer," imbuhnya.

Tunggu Hasil Penelusuran Panglima TNI

Panglima TNI diketahui telah menelusuri kasus kucing diduga ditembak ini. Anggota Komisi I DPR RI fraksi Golkar lainnya, Dave Laksono, menunggu hasil penelusuran Panglima TNI itu.

"Bila panglima akan menelusuri kejadiannya, kita tunggu hasil pemeriksaan beliau. Apa sebab dan penyebabnya. Apakah ada faktor kesengajaan atau memang karena ada sebab lainnya," kata Dave saat dihubungi terpisah.

Dave menyebut Panglima TNI terbuka dalam penyelidikan. Dia yakin kasus ini akan ditangani dengan baik.

"Selama ini panglima sangat terbuka dalam penyelidikannya, dan saya yakin tidak akan ada cover up mengenai hal ini," kata dia.

Lihat juga video 'Meriahkan HUT RI, Pria di Polman Kubur Diri Bersama Kucing':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT