ADVERTISEMENT

Gerindra: Pidato PPHN Bamsoet Sesuai Hasil Rapat Gabungan MPR

Gibran Maulana - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 20:14 WIB
Waketum Gerindra Sugiono
Foto: Waketum Gerindra Sugiono. (Dok: fraksigerindr.id).
Jakarta -

Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR Sugiono menyebut pidato tentang Pokok-Pokok Haluan Negara atau PPHN yang disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soestayo (Bamsoet) di sidang tahunan kemarin tidak ada yang salah. Sugiono menyebut pidato Bamsoet sesuai hasil rapat gabungan seluruh pimpinan MPR RI dan pimpinan fraksi di MPR.

"Apa yang disampaikan Pak Bamsoet dalam pidato kemarin sudah sesuai dengan hasil rapat gabungan pimpinan MPR dan pimpinan fraksi MPR," kata Sugiono dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (17/8/2022).

Sugiono menyebut hasil rapat gabungan itu menyepakati Badan Pengkajian MPR merekomendasikan untuk menghadirkan PPHN tanpa melalui perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Hasil rapat gabungan yang dimaksud, kata Sugiono juga menindaklanjuti kajian substansi dan bentuk hukum PPHN.

Awal September nanti, MPR akan menyelenggarakan sidang paripurna, dengan agenda tunggal pembentukan panitia ad hoc MPR.

"Bahwa rapat menerima hasil kajian substansi dan bentuk PPHN dari Badan Pengkajian MPR dan sepakat untuk menindaklanjuti rekomendasi hasil dari badan pengkajian MPR tersebut," kata Sugiono.

Sugiono menilai tidak ada hal yang menyimpang dalam pidato Bamsoet soal PPHN di sidang tahunan kemarin.

"Jadi menurut kami, Fraksi MPR Gerindra, apa yang disampaikan ketua MPR tidak ada yang menyimpang," katanya.

Rapat gabungan yang dimaksud sudah digelar di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, pada 25 Juli 2022. Rapat gabungan ini dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo dan didampingi para Wakil Ketua, yaitu Ahmad Basarah, Yandri Susanto, dan Arsul Sani, serta Lestari Moerdijat yang mengikuti secara virtual.

Ada pula Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD, di antaranya Tb Hasanuddin (PDI Perjuangan), Sodik Mujahid (Partai Gerindra), Idris Laena (Partai Golkar), Neng Eem Marhamah (PKB), Benny K Harman (Partai Demokrat), Tiffatul Sembiring (PKS), Jon Erizal (PAN), M. Iqbal (PPP), dan Tamsil Linrung (Kelompok DPD). Rapat juga diikuti Ketua Badan Pengkajian MPR Djarot Saiful Hidayat.

Lihat juga video 'Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Puji Misi Perdamaian Jokowi di Ukraina-Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT