ADVERTISEMENT

Ratu Atut-Pinangki Dapat Remisi HUT RI, Eni Saragih Bebas

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 16:21 WIB
Terdakwa Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (22/3/2017). Sidang kali ini mengagendakan mendengarkan keterangan 4 orang saksi dari PNS dinas kesahatan provinsi Banten. Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menjalani sidang perdana. Ia didakwa melakukan tindakan korupsi dengan mengatur proses penganggaran di Provinsi Banten terkait pengadaan alat kesehatan.
Foto: Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Narapidana kasus korupsi Ratu Atut Chosiyah mendapatkan remisi di HUT RI ke-77. Tak hanya mantan gubernur Banten itu, mantan Jaksa Pinangki Sirna Malasari juga mendapat remisi. Masing-masing mendapat remisi tiga bulan.

"Ibu Atut dapat remisi tiga bulan. Pinangki sama, tiga bulan, rata-rata napi korupsi (dapat remisi)," kata Kepala Lapas Kelas IIA Tangerang Yekti Apriyanti kepada wartawan di Serang, Rabu (17/8/2022).

Yekti menyebut 247 napi Lapas Kelas IIA mendapatkan remisi di HUT RI. Selain itu ada juga narapidana yang langsung bebas, yakni 3 orang di antaranya mantan anggota DPR RI Eni Maulani Saragih.

Terdakwa kasus penerimaan suap dari Djoko Tjandra terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA), Pinangki Sirna Malasari menjalani sidang pembacaan Putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (8/2/2021). Mantan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II pada Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung itu divonis oleh Majelis Hakim 10 Tahun penjara ditambah denda Rp600 juta subsider 6 bulan kurungan. ANTARA FOTO/ Reno Esnir/foc.Foto: Pinangki Sirna Malasari. (ANTARA/RENO ESNIR)

"Korupsi dua orang satu pidana umum," katanya.

Mantan anggota DPR itu mendapatkan remisi 5 bulan dan langsung bebas di momen HUT RI ke-77. "Hari ini dia bebas dapat remisi RU 2," ujarnya.

Yekti menyebut mantan bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari juga menerima remisi tiga bulan. "Semua dapat remisi karena mereka sudah bayar denda, sudah bisa dapat remisi, Ibu Atut, Pinangki, Bu Rita mantan Bupati Kutai," terang Yekti.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan remisi kepada 168,916 narapidana dan anak binaan yang menghuni lembaga permasyarakatan di seluruh Indonesia. Sebanyak 2,725 napi di antaranya dinyatakan langsung bebas.

"Remisi umum dalam rangka Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tahun 2022, diberikan kepada 168.916 narapidana. Dengan rincian, Remisi Umum 1, pengurangan sebagian 166.191 narapidana. Remisi Umum 2, langsung bebas 2,725 narapidana," kata Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna Laoly di Kantor Kemenkumham, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, pagi tadi.

Eks Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih diperiksa KPK. Ia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan suap Samin Tan.Foto: Eks Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih. (Ari Saputra/detikcom)

Simak video 'Remisi 168 Ribu Napi Buat Kemenkumham Hemat Anggaran Makan Rp 259 M':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT