ADVERTISEMENT

HUT Ke-77 RI, KAI Jalankan Kembali Lokomotif Listrik Tertua di Indonesia

Adrial Akbar - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 15:07 WIB
Lokomotif tertua di Indonesia, Bon-bon dan Djoko Kendil, dijalankaj kembali dalam momen HUT ke-77 RI.
Lokomotif tertua di Indonesia, Bon-bon dan Djoko Kendil, dijalankan kembali dalam momen HUT ke-77 RI. (Adrial Akbar/detikcom)
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mengoperasikan dua lokomotif bersejarah Bon-Bon dan Kereta Djoko Kendil untuk memperingati HUT ke-77 RI. Dua kereta bersejarah itu diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Tanjung Priok.

Kegiatan bertajuk 'Kereta Bersejarah Menyapa' itu dihadiri oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo beserta jajaran KAI dan komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS). Didiek menyebut acara ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa PT KAI berkomitmen melestarikan warisan bersejarah.

"Apa yang kita lakukan pada hari ini, ingin menunjukkan bahwa kecintaan masyarakat pada kereta api, ini kami wujudkan, kami tunjukkan bahwa PT KAI melestarikan warisan bersejarah," kata Didiek di Stasiun Tanjung Priok, Rabu (17/8/2022).

Lokomotif tertua di Indonesia, Bon-bon dan Djoko Kendil, dijalankaj kembali dalam momen HUT ke-77 RI.Lokomotif tertua di Indonesia, Djoko Kendil, dijalankan kembali dalam momen HUT ke-77 RI. (Adrial Akbar/detikcom)

Didiek juga mengucapkan apresiasi kepada para pencinta kereta api yang telah banyak memberikan saran untuk kemajuan PT KAI. Ia juga sampaikan komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan ke depannya.

"Kami sebagai generasi penerus insan kereta api akan terus menjaga dan membangun perkeretaapian sehingga lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat. KAI berkomitmen untuk menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia," pungkasnya.

Lokomotif Bon-bon atau lokomotif listrik ESS3201 merupakan lokomotif listrik pertama yang beroperasi di Indonesia. Lokomotif ini mulai dijalankan pada 6 April 1925. Rute yang dijalani mulai dari Tanjung Priok-Meester Cornelis (Jatinegara).

Sedangkan Kereta Djoko Kendil pertama kali dioperasikan pada 1938 untuk melayani kereta mewah Nacht Express dengan rute Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Jakarta.

Lokomotif tertua di Indonesia, Bon-bon dan Djoko Kendil, dijalankaj kembali dalam momen HUT ke-77 RI.Lokomotif tertua di Indonesia, Bon-bon, dijalankan kembali dalam momen HUT ke-77 RI. (Adrial Akbar/detikcom)

Simak video 'Dirut KAI Blak-blakan LRT Jabodebek Jadi Beban, Desain Nggak Benar':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT