ADVERTISEMENT

Masjid Istiqlal Rayakan HUT Ke-77 RI, Potong Tumpeng dan Gelar Lomba

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 10:12 WIB
Masjid Istiqlal Jakarta Pusat menggelar potong tumpeng kemerdekaan dan sejumlah perlombaan HUT ke-77 RI.
Masjid Istiqlal Jakarta Pusat menggelar potong tumpeng kemerdekaan dan sejumlah perlombaan HUT ke-77 RI. (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Masjid Istiqlal Jakarta Pusat menggelar potong tumpeng kemerdekaan dan sejumlah perlombaan dalam rangka HUT ke-77 RI. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh lintas agama.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (17/8/2022), acara diawali dengan upacara bendera yang diikuti oleh para tokoh lintas agama. Imam Besar Nazaruddin Umar bertindak sebagai inspektur upacara HUT ke-77 RI.

Selanjutnya, acara potong tumpeng kemerdekaan dilakukan. Tumpeng tersebut dipotong oleh Nazaruddin Umar selaku Imam Besar atau perwakilan umat Islam.

Terlihat Nazaruddin Umar memberikan potongan-potongan tumpang itu kepada para tokoh lintas agama yang hadir.

Acara dilanjutkan dengan launching majalah Istiqlal. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan tari nirmala.

"Yang pertama ini sejarah baru buat bangsa Indonesia, ini baru kali pertama sejak Indonesia merdeka, ada upacara lintas agama dilakukan di salah satu rumah ibadah tepatnya di Masjid istiqlal. Kita berharap tahun-tahun yang akan datang hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan itu betul-betul semua komponen bangsa, yaitu betul-betul merasa memiliki NKRI," kata Nazaruddin Umar, Rabu (17/8/2022).

Nazaruddin mengatakan antarumat beragama harus berkomitmen menjaga kesatuan NKRI. Dia menyebut, jika semua umat menyatu, masalah-masalah yang ada akan dapat dihadapi.

"Kalau antara ulama dan pemerintah, tokoh agama dan pemerintah, itu menyatu, maka sebesar apa pun persoalan dihadapi bangsa ini akan menjadi kecil. Tidak mungkin pemerintah bisa menyelesaikan persoalannya sendiri, maka itu harus menggandeng semua komponen bangsa," katanya.

Dia mengatakan, setelah acara launching majalah, akan dilanjutkan dengan perlombaan-perlombaan HUT ke-77 RI. Salah satunya tarik tambang dan sebagainya.

"Habis ini ada tarik tambang, pertandingan-pertandingan lomba-lomba. Jadi ini antarumat beragama, yang sangat penting di lingkungan," katanya.

(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT