ADVERTISEMENT

HUT Ke-77 RI, Wapres Ajak Seluruh Elemen Bangsa Rapatkan Persatuan

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 10:02 WIB
Wapres Maruf Amin (dok. Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin (Foto: dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan ucapan HUT ke-77 RI. Dalam kesempatan ini Ma'ruf meminta seluruh elemen bangsa merapatkan persatuan dalam kerja nyata agar Indonesia pulih dari dampak krisis.

"Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk merapatkan persatuan, bersinergi dalam kerja nyata agar Indonesia tercinta segera pulih dari dampak krisis dan bangkit menjadi negara yang lebih kuat," ujar Ma'ruf dalam ucapan HUT ke-77 RI secara daring, Rabu (17/8/2022).

Ia menyebut terjadinya pandemi COVID-19, konflik internasional, krisis pangan dan energi, serta perubahan iklim dewasa ini menjadi beberapa contoh ujian berat yang harus dihadapi bangsa Indonesia dan juga bangsa-bangsa lain di dunia. Sehingga merapatkan persatuan dinilai perlu dilakukan agar lebih kuat dan mampu mengatasi berbagai tantangan krisis yang mengancam.

Selain itu, Ma'ruf mengajak bangsa Indonesia untuk kembali membangkitkan semangat dan kegigihan perjuangan para pahlawan kemerdekaan untuk mengatasi segala tantangan. Namun, menurut Ma'ruf, tantangan yang dihadapi saat ini berbeda dengan tantangan di era penjajahan.

"Tantangan yang dihadapi para pahlawan dan pendiri bangsa saat merebut kemerdekaan memang berbeda dengan tantangan yang kita hadapi hari ini maupun di masa depan. Namun perjuangan dan kegigihan kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan harus sama kuatnya dengan para pahlawan kemerdekaan," tegasnya.

Ma'ruf mengatakan bangsa Indonesia sejatinya adalah bangsa pejuang sehingga semangat perjuangan para pahlawan harus terus tertanam kuat dalam sanubari bangsa Indonesia.

"Semangat kebangkitan nasional yang melahirkan kemerdekaan harus senantiasa menjadi jiwa seluruh bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan," tuturnya.

Lihat video 'Prosesi Penyerahan Duplikat Bendera Merah-Putih dan Naskah Proklamasi':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT