Kala Jokowi Banggakan 3 Kasus Megakorupsi Berhasil Dibongkar

ADVERTISEMENT

Kala Jokowi Banggakan 3 Kasus Megakorupsi Berhasil Dibongkar

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 22:05 WIB
Presiden Joko Widodo berjalan seusai menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan MPR 2022 (Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pemberantasan korupsi menjadi prioritas utama. Jokowi pun membanggakan kinerja aparat penegak hukum dalam mengungkap kasus megakorupsi.

Ada tiga kasus megakorupsi yang disinggung Jokowi dalam pidato di Sidang Tahunan MPR di kompleks Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022) pagi tadi. Ketiga kasus tersebut ialah kasus Jiwasraya, Asabri, dan Garuda Indonesia.

"Pemberantasan korupsi terus menjadi prioritas utama. Untuk itu, Polri, Kejaksaan, dan KPK terus bergerak. Korupsi besar di Jiwasraya, ASABRI, dan Garuda berhasil dibongkar, dan pembenahan total telah dimulai. Penyelamatan aset negara yang tertunda, seperti kasus BLBI terus dikejar, dan sudah menunjukkan hasil," jelasnya.

Untuk diketahui, tiga kasus megakorupsi yang disebut Jokowi itu ditangani oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Sementara kasus BLBI ditangani satuan tugas yang dikepalai Menko Polhukam Mahfud Md.

Jokowi juga menyinggung skor indeks persepsi korupsi dari Transparency International. Jokowi menyebut skor indeks korupsi naik dari tahun sebelumnya.

"Skor persepsi korupsi dari Transparency International juga naik dari 37 menjadi 38 di tahun 2021. Indeks Perilaku Antikorupsi dari BPS juga meningkat dari 3,88 ke 3,93 di tahun 2022," tutur Jokowi.

Simak pengungkapan 3 kasus megakorupsi yang diucapkan Jokowi di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT