ADVERTISEMENT

Jokowi: Hukum Harus Ditegakkan Tanpa Pandang Bulu!

Firda Cynthia Anggrainy, Matius Alfons - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 11:18 WIB
Presiden Joko Widodo telah tiba di gedung DPR/MPR untuk menyampaikan pidato kenegaraan, Selasa (16/8/2022). Jokowi hadir dengan mengenakan baju adat Bangka Belitung.
Presiden Jokowi (Rengga Sencaya/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya di Sidang Tahunan MPR 2022. Jokowi menekankan penegakan hukum harus adil tanpa pandang bulu.

Hukum merupakan salah satu topik yang dibahas Jokowi di Sidang Tahunan MPR di gedung Kura-kura kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Jokowi menegaskan perlindungan hukum untuk rakyat harus diperkuat.

"Yang ketiga, perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat harus terus diperkuat," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan hak sipil dan demokrasi harus dipenuhi. Jokowi menekankan hukum haruslah ditegakkan seadil-adilnya tanpa pandang bulu.

"Pemenuhan hak sipil dan praktik demokrasi, hak politik perempuan dan kelompok marjinal, harus terus kita jamin. Hukum harus ditegakkan seadil adilnya, tanpa pandang bulu," kata Jokowi.

Jokowi juga menyoroti stabilitas politik dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR. Jokowi meminta aparat menjamin keamanan dan keadilan masyarakat.

"Keamanan, ketertiban sosial, dan stabilitas politik adalah kunci. Rasa aman dan rasa keadilan harus dijamin oleh negara, khususnya oleh aparat penegak hukum dan lembaga-lembaga peradilan," kata Jokowi.

Perihal pemberantasan korupsi juga disinggung Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR. "Demikian juga dengan pemberantasan korupsi juga terus menjadi prioritas utama," kata Jokowi.

Simak video 'Di Sidang Tahunan, Jokowi Akui Tahan Harga BBM agar Tak Melambung':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT