ADVERTISEMENT

Jokowi Puji MPR Kaji Substansi dan Bentuk Hukum PPHN

Arief Budiman - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 20:54 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam mendorong pengamalan Pancasila, mengkaji substansi dan bentuk hukum Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Jokowi juga mengapresiasi MPR berhasil menggagas kerja sama internasional dalam mengatasi permasalahan global. Oleh karenanya, Jokowi mengharapkan dukungan semua lembaga negara untuk membangun demokrasi dan memperkokoh ideologi bangsa

"Saya menghargai upaya MPR dalam mendorong pengamalan Pancasila, mengkaji substansi dan bentuk hukum Pokok-Pokok Haluan Negara, serta menggagas kerja sama internasional dalam mengatasi permasalahan global," ujar Jokowi dikutip dalam keterangannya, Senin (16/8/2022).

"Saya mengharapkan dukungan dari semua lembaga negara untuk menjaga dan membangun demokrasi di negeri tercinta ini untuk memperkokoh ideologi bangsa," imbuhnya dalam pidato pada Sidang Tahunan MPR dalam rangka HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Diketahui sebelumnya, dalam pidato pengantar Sidang Tahunan MPR, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyebutkan Rapat Gabungan Pimpinan MPR dengan Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD secara aklamasi menerima hasil kajian substansi dan bentuk hukum Pokok-Pokok Haluan Negara.

Sebagai tindaklanjutnya, kata Bamsoet, pada awal September 2022, MPR akan menyelenggarakan Sidang Paripurna dengan agenda pembentukan Panitia Ad Hoc setelah mendengarkan pandangan umum fraksi dan kelompok DPD.

"Dengan kesepakatan Rapat Gabungan tersebut, kita memiliki harapan untuk menuntaskan Rekomendasi MPR tentang PPHN yang telah melewati dua periode keanggotaan MPR," ungkapnya.

"Dan, yang paling utama, dengan adanya PPHN, maka Indonesia akan memiliki peta jalan pembangunan, yang memberi arah pencapaian tujuan negara, dengan mempertemukan nilai-nilai Pancasila dengan aturan dasar yang diatur konstitusi," jelas Bamsoet.

Sebagai informasi, Sidang Tahunan MPR ini turut dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Wapres RI ke-11 Budiono, para ketua umum partai politik, para menteri kabinet, pimpinan lembaga negara, dan para duta besar.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT