ADVERTISEMENT

Momen Jokowi Akrab dengan Masinton-Effendi Simbolon di Sidang Tahunan

Firda Cynthia Anggrainy, Matius Alfons - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 15:52 WIB
Jokowi di penutupan sidang tahunan
Jokowi di penutupan sidang tahunan 2022. (Tangkapan Layar YouTube DPR)
Jakarta -

Sidang Tahunan MPR RI bersama DPR dan DPD selesai dilaksanakan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyampaikan pidatonya di sidang yang digelar satu tahun sekali itu. Setelahnya, Jokowi bercengkerama dengan anggota DPR RI.

Adapun sidang tahunan itu dilaksanakan secara langsung di Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Jokowi menyampaikan dua kali pidatonya dalam dua sesi. Sesi pertama terkait pidato kenegaraan yang dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dilanjutkan juga penyampaian pidato Ketua DPR Puan Maharani.

Sidang tahunan ini kemudian dijeda untuk mempersiapkan sidang selanjutnya. Di sidang kedua ini sekaligus membuka masa sidang DPR RI tahun 2022-2023. Sidang ini dipimpin oleh Puan Maharani.

Di sidang kedua ini, Jokowi menyampaikan RUU ABPN 2023. Sidang kemudian ditutup dengan penyampaian RUU APBN Tahun 2023 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya dari Presiden kepada Ketua DPR.

Jokowi di penutupan sidang tahunanJokowi tampak akrab dengan Masinton hingga Effendi Simbolon (Tangkapan Layar YouTube DPR)

Setelah pidato selesai, Jokowi meninggalkan ruang sidang. Sejumlah anggota Dewan datang menghampiri Jokowi untuk selfie, termasuk anggota DPR Fraksi PDIP Masinton Pasaribu hingga Effendi Simbolon.

Jokowi tampak akrab dengan keduanya. Saat bertemu Effendi Simbolon, Jokowi menunjuk ajudannya untuk melakukan sesuatu. Meski begitu, tidak diketahui apa yang disampaikan Jokowi kepada ajudannya itu.

Jokowi lalu melanjutkan tegur sapa dengan anggota lain. Lalu meninggalkan Gedung Kura-kura. Puan Maharani turut mengantarkan Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin ke mobil menuju Istana.

Tonton juga Video: Jokowi Siapkan Rp 169 T untuk Tangani Pandemi-Stunting di 2023

[Gambas:Video 20detik]

(eva/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT