Kasus Kasir Alfamart: Kronologi Kejadian Hingga Berakhir Damai

ADVERTISEMENT

Kasus Kasir Alfamart: Kronologi Kejadian Hingga Berakhir Damai

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 13:44 WIB
Kasus kasir Alfamart ramai diperbincangkan di media sosial. Seorang wanita diketahui mengambil cokelat di Alfamart, kemudian ketahuan oleh kasir Alfamart.
Kasus Kasir Alfamart: Kronologi Kejadian Hingga Berakhir Damai (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

Alfamart Tunjuk Hotman Paris untuk Membela Karyawannya

Tak hanya itu, Mariana sempat mengancam kasir Alfamart dengan UU ITE karena telah mencemarkan nama baiknya lewat video viral tersebut. Mengetahui hal itu, pihak Alfamart menunjuk Hotman Paris sebagai tim kuasa hukum untuk melindungi karyawannya.

"Alfamart telah menunjuk kantor hukum Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum kami," kata Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya, Solihin, dalam video yang diunggah di akun resmi Twitter Alfamart, Senin (15/8/2022).

Solihin menyatakan Alfamart menolak tindakan intimidasi terhadap karyawannya.

"Saya mewakili manajemen Alfamart menyatakan dan menegaskan bahwa perusahaan sepenuhnya mendukung karyawan kami yang berdasarkan investigasi awal menjalankan tugasnya sesuai prosedur," ucap Solihin.

"Kami menolak tindakan intimidasi yang dilakukan terhadap karyawan yang telah berupaya menjalankan tugasnya dengan baik. Kami berharap kasus ini dapat menjadi pembelajaran bagi semua pihak agar menghormati hak semua warga negara di mata hukum," tambahnya.

Hotman Paris Polisikan Wanita yang Mengancam Kasir Alfamart

Hotman Paris bersama anaknya, Frank Hutapea mendampingi kasir Alfamart untuk membuat laporan di Polres Tangerang Selatan pada Senin (15/8). Mariana dipolisikan atas dugaan pencurian oleh pihak Alfamart dan pengancaman oleh pegawai Alfamart.

"Kelanjutannya kami masih menunggu perkembangan penyidik, makanya kami masih menunggu di sini. Barusan sudah selesai di-BAP dari Alfamart dan dari karyawati untuk ancaman dan untuk pencurian," kata Frank di Mapolres Tangsel, Senin (15/8/2022).

Frank tidak menjelaskan lebih lanjut soal pengancaman tersebut. Namun, kliennya dipaksa dengan ditakut-takuti dengan Undang-Undang ITE untuk mengklarifikasi sesuatu.

"Dilakukannya pencurian di hari Sabtu, yang ancamannya dilakukan di hari Minggu," sambungnya.

Pihak Mariana Minta Maaf kepada Alfamart Cisauk

Kini, kasus kasir Alfamart sudah berakhir damai. Ivana Valenzia Putri selaku anak Mariana meminta maaf kepada karyawan Alfamart.

"Selamat malam semuanya, saya Ivana Valenza, putri Ibu Mariana, memohon maaf kepada seluruh karyawan Alfamart, khusus kepada Amel, Mbak Nisa, Mas Alif, dan manajemen Alfamart secara menyeluruh," kata Ivana Valenza di Mapolres Metro Tangsel, Senin (15/8/2022).

Ivana juga secara spesifik meminta maaf kepada Alfamart Cisauk. Ia mengakui jika ibunya melakukan pencurian tersebut.

"Serta secara spesifik permohonan maaf terhadap Alfamart yang berada di Cisauk, Tangerang, baik dengan ini mengakui bahwa ibu saya telah melakukan pencurian 3 buah cokelat dan 2 buah sampo. Telah melakukan pengancaman terhadap Saudari Amelia. Saya mohon maaf dengan sangat kepada Saudara Amelia dan keluarganya," ucapnya.

Akhir Kasus Kasir Alfamart: Karyawan Alfamart Cabut Laporan

Amelia, karyawati Alfamart, mencabut laporan atas Mariana, wanita yang diduga mengambil cokelat dan melakukan pengancaman. Pencabutan laporan ini secara otomatis menghentikan proses penyelidikan polisi.

"Nggak ada (paksaan atau intimidasi). Iya semuanya jadi masalah ini sudah selesai dan kita juga udah mencabut laporannya jadi masalah ini udah selesai," kata Amelia kepada wartawan di Mapolres Tangerang Selatan, Senin (15/8/2022).

Ia juga sudah memaafkan seluruh pihak terkait atas persoalan ini.

"Saya Amelia karyawan Alfamart saya sudah memaafkan Ibu Mariana, Kak Ivanna, dan Haji Amir. Semua masalah ini sudah selesai secara kekeluargaan. Sekian dari saya, terima kasih," ungkapnya.


(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT