ADVERTISEMENT

Kasus Kasir Alfamart: Kronologi Kejadian Hingga Berakhir Damai

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 13:44 WIB
Kasus kasir Alfamart ramai diperbincangkan di media sosial. Seorang wanita diketahui mengambil cokelat di Alfamart, kemudian ketahuan oleh kasir Alfamart.
Kasus Kasir Alfamart: Kronologi Kejadian Hingga Berakhir Damai (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Jakarta -

Kasus kasir Alfamart sempat ramai diperbincangkan di media sosial. Hal itu dilatarbelakangi oleh seorang wanita yang mengambil cokelat di Alfamart, kemudian tertangkap basah oleh kasir Alfamart.

Lantas, bagaimana kronologi kejadian viral tersebut? Simak informasi selengkapnya yang telah dirangkum oleh tim detikcom.

Kronologi Kasus Kasir Alfamart

Kejadian viral ini bermula saat seorang wanita bernama Mariana kedapatan mengambil cokelat di Alfamart Sampora, Kampung Sampora, RT 04 RW 02, Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Tangerang Selatan, Sabtu (13/8/2022) pukul 10.30 WIB. Kemudian, kasir Alfamart memergoki aksi wanita tersebut, lalu memvideokannya.

Dalam video tersebut, petugas Alfamart meminta wanita itu mengakui perbuatannya. Akhirnya, wanita itu mengakui telah mengambil cokelat batangan.

Dia pun mengeluarkan cokelat itu dan memberikannya kepada pegawai minimarket. Dalam video itu tertulis 'Ibu ber-Mercy sindikat coklat di minimarket' karena disebutkan Mariana mengemudikan mobil Mercedes-Benz.

Kasus kasir Alfamart ramai diperbincangkan di media sosial. Seorang wanita diektahui mengambil cokelat di Alfamart, kemudian ketahuan oleh kasir Alfamart.Kasus kasir Alfamart ramai diperbincangkan di media sosial. Seorang wanita diketahui mengambil cokelat di Alfamart, kemudian ketahuan oleh kasir Alfamart. (Foto: 20Detik)

Mariana Tidak Sadar Ada Cokelat di Dalam Tasnya

Mariana mengaku dirinya tidak sadar memasukkan cokelat ke dalam tasnya. H. Amir selaku perwakilan yang ditunjuk oleh Mariana menjelaskan jika wanita itu tidak tahu mengapa cokelat tersebut tiba-tiba ada di tasnya.

"Kejadian ini sudah dua hari yang lalu. Nah ibu ini Ibu Mariana pergi ke Alfamart, ibu membeli sesuatu. Nah ibu tanpa sadar pemikiran banyak ada beban banyak yang harus dia pikirkan ibu tidak sadar cokelat itu ada masuk di dalam tasnya," kata Amir, dikutip detikcom, Selasa (16/8/2022).

Hal ini kemudian diketahui oleh pegawai Alfamart dan direkam. Mariana pun terkejut karena dirinya direkam oleh pegawai Alfamart tersebut.

"Tanpa sadar cokelatnya ada di tas ibu dan dia tidak tahu ada cokelat di dalam. Nah karyawan Alfamart ini juga melihat juga dan memvideolah beliau. Nah dari situ ibu kaget. Ibu kaget ini 'kenapa kamu video saya?' Petugas Alfamart ini bilang, 'Ibu ambil cokelat oh ini tiga ini,' 'iya.' Nah ibu masuklah ke dalam Alfamart," jelasnya.

Mariana kemudian membayar cokelat yang terbawa ke dalam tasnya itu. Akan tetapi, Mariana tidak membawa pulang cokelatnya.

"Nah masuk ibu membayar itu semua dan cokelat tidak dibawa pulang, dia hanya membayar dendanya sekitar Rp 80-100 ribu," lanjut Amir.

Mariana Minta Klarifikasi dari Kasir Alfamart

Mariana mengira kejadian tersebut sudah selesai. Namun keesokan harinya, Mariana mengetahui dari anaknya bahwa dirinya telah viral di media sosial.

Setelah video dirinya viral di media sosial, Mariana menghubungi Amir untuk meminta bantuan agar video tersebut di-take down karena permasalahannya sudah selesai. Mereka juga mendatangi karyawan Alfamart tersebut untuk meminta klarifikasi.

"Kita pergi ketemu anak itu yang menyebarkan video untuk meminta klarifikasi. Ke sanalah kami alhamdulillah anak itu kami bertemu dan responsnya juga bagus langsung kami masuk ke dalam ruangan. Dalam ruangan itu kami hampir setengah jam membuat kesepakatan bahwa urusan ini udah selesai tolong dong diberikan video klarifikasi dan supaya adek sampaikan ke grup Alfamart juga bahwa urusan ini sudah diatur dalam kekeluargaan dan sudah selesai," ucap Amir.

"Nah video yang beredar itu sangat merugikan Ibu Mariana. Bukan datang mengintimidasi tapi datang mengklarifikasi bahwa ini urusan udah selesai. Itu tidak ada unsur intimidasi namanya keluarga kan kita datang untuk mengklarifikasi," sambungnya.

Pegawai Alfamart Minta Maaf kepada Wanita Pengambil Cokelat

Kasus kasir Alfamart berlanjut di mana karyawan Alfamart akhirnya meminta maaf usai memergoki Mariana yang diduga mengutil cokelat. Tampak seorang wanita yang mengenakan seragam pegawai Alfamart memberikan klarifikasi sambil berdiri di samping ibu-ibu yang kepergok tak membayar cokelat itu.

Dalam video itu, wanita berseragam Alfamart itu menyebut peristiwa yang terjadi hanya kesalahpahaman. Ia meminta maaf kepada wanita yang dipergokinya.

"Saya karyawan Alfamart ingin mengklarifikasi video yang tersebar di media sosial karena sudah ada kesalahpahaman di antara kita berdua yang telah merugikan Ibu Mariana," kata pegawai itu.

Lihat Video: Seputar Kleptomania yang Dikaitkan Aksi Wanita Curi Cokelat di Alfamart

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT