ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Tembok Antilongsor Cilebut Hampir Rampung, Sudah Masuk Tahap Finishing

Muchamad Sholihin - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 13:21 WIB
Tembok antilongsor di jurang Jl Raya Cilebut, Kota Bogor, Jawa Barat, 16 Agustus 2022. Pengerjaan hampir rampung. (Muchamad Sholihin/detikcom)
Tembok antilongsor di jurang Jl Raya Cilebut, Kota Bogor, Jawa Barat, 16 Agustus 2022. Pengerjaan hampir rampung. (Muchamad Sholihin/detikcom)
Bogor -

Proyek pembangunan tembok penahan tanah (TPT) atau tembok antilongsor di Jl Raya Cilebut, Kelurahan Sukaresmi, Kota Bogor, sudah memasuki tahap akhir. Diperkirakan, pengerjaan tebing antilongsor ini selesai kurang dari sepekan lagi.

"Progres sudah 90 persen, sudah hampir rampung. Kalau temboknya saja sudah selesai, sudah sampai atas tebing, tapi masih ada beberapa pengerjaan finishing (penyelesaian akhir), masih butuh waktu," kata Pengelola Sumber Daya Air Ahli Muda dari Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (UPTD PSDA) Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane Jawa Barat, Yulianti Juhendah, Selasa (16/8/2022).

Pantauan detikcom di proyek pembangunan tembok antilongsor Cilebut di lokasi siang ini, tampak tembok penahan tanah sudah terpasang hingga hampir sejajar dengan Jl Raya Cilebut. Kondisi ini jauh berbeda dengan kondisi sebelumnya, ketika dinding yang dibangun masih separuh dari tinggi tebing. Di lokasi, beberapa pekerja juga tampak masih merapikan bagian tengah dinding tebing dengan semen.

Staf pengawas CV Anugerah Angkasa Mandiri (pihak yang mengerjakan proyek) Adiat S mengatakan saat ini sedang dilakukan tahap finishing dari pembangunan tembok antilongsor.

"Sekarang lagi pertebal tulang tengah tebing, dirapikan pakai semen. Terus bagian samping tebing juga harus dipelester kan pakai semen supaya rapi, biar tambah kuat juga," kata Adiat ditemui detikcom di Jl Raya Cilebut ini.

Adiat menyebut tahapan selanjutnya adalah pengecoran bagian atas tebing hingga sejajar dengan tinggi Jalan Raya Cilebut.

"Terus nanti di atas tebing itu kan harus dicor, diratakan dengan tinggi jalan, ini mungkin dimulai besok. Sekarang masih rapikan bagian tengah sama samping tebing dulu," katanya.

Tembok antilongsor di jurang Jl Raya Cilebut, Kota Bogor, Jawa Barat, 16 Agustus 2022. Pengerjaan hampir rampung. (Muchamad Sholihin/detikcom)Tembok antilongsor di jurang Jl Raya Cilebut, Kota Bogor, Jawa Barat, 16 Agustus 2022. Pengerjaan hampir rampung. (Muchamad Sholihin/detikcom)

Saluran air

Adiat mengatakan pengerjaan saluran air juga akan dilakukan sebagai tahapan finishing. Saluran air akan dibangun di sisi kanan dan kiri TPT agar, ketika hujan, air akan mengalir teratur hingga ke sungai.

"Sebenarnya saluran air ini di luar proyek, tapi nggak apa-apa, kita akan tetap bangun. Karena kalau air itu kan, kalau nggak ada jalanannya dia liar. Khawatir tebing di samping (yang tidak dibangun TPT) longsor, dan itu akan berpengaruh ke TPT yang sudah jadi. Makanya nanti kita bikin saluran air di kanan dan kiri TPT," kata Adiat.

Adiat mengatakan, dengan sisa pengerjaan tahapan finishing, tembok antilongsor di Jl Raya Cilebut diperkirakan akan rampung segera.

"Ya kalau tidak ada halangan, selesai lah 4-5 hari ke depan," kata Adiat.

Tonton juga Video: Angkot di Tasikmalaya Terseret Longsor hingga Nyaris Masuk Jurang

[Gambas:Video 20detik]




(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT