ADVERTISEMENT

Jokowi Banggakan Indonesia Ada di Puncak Kepemimpinan Global

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 12:22 WIB
jokowi
Jokowi (Foto: dok. 20detik)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia saat ini meningkat tajam. Jokowi menyebut RI saat ini berada di puncak kepemimpinan global sehingga miliki kesempatan besar untuk membangun kerja sama internasional.

"Kekuatan keempat adalah kepercayaan internasional yang meningkat tajam. Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Diterima negara-negara besar, walau geopolitik sedang panas," kata Jokowi dalam pidato saat sidang tahunan MPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Jokowi juga menjabarkan saat ini Indonesia dipercaya menjadi pemimpin dalam pertemuan-pertemuan global. Itu artinya, kata Jokowi, RI berada di puncak kepemimpinan global sehingga punya kesempatan untuk bangun kerja sama dengan negara-negara di dunia.

"Indonesia juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global. Tahun 2022 ini, kita menjadi Presiden G20, organisasi 20 negara ekonomi terbesar di dunia. Tahun depan, menjadi Ketua ASEAN. Artinya, kita berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama internasional," jelasnya.

Jokowi menambahkan kepercayaan internasional juga bisa dirasakan di dalam negeri. Selain itu, Jokowi menyebut pemerintah terus melakukan perbaikan terkait dengan pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Kepercayaan besar dari masyarakat internasional juga bisa dirasakan di dalam negeri. Reformasi struktural untuk daya saing dan iklim berusaha terus kita lakukan. Ekosistem investasi dan pertumbuhan UMKM terus kita perbaiki. Hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri terus tumbuh pesat. Pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, di mana 52 persen di antaranya, berada di luar Jawa. Artinya, ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia-sentris," jelasnya.

Lihat video 'Jokowi: RI Masuk 5 Besar Negara Vaksinasi Covid-19 Terbanyak di Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT