ADVERTISEMENT

Puan: Kita Tak Ingin Bangsa Indonesia Hanya Jadi Kuli di Negeri Sendiri

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 11:40 WIB
Puan Maharani
Puan Maharani (dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani menyinggung produktivitas dalam negeri ketika memberikan pidato di Sidang Tahunan MPR 2022. Puan mengaku tidak ingin bangsa ini menjadi kuli di negeri sendiri.

Puan awalnya menyinggung upaya meningkatkan produktivitas pangan hingga kesejahteraan petani. Dia lantas menyinggung soal permasalahan kelangkaan minyak goreng.

"Kita perlu memperkuat upaya yang fokus pada peningkatan produktivitas pangan, industri pangan dan kesejahteraan petani; Ke depan jangan terjadi lagi permasalahan seperti kelangkaan Minyak Goreng di negeri sendiri, yang merupakan negara penghasil CPO terbesar di dunia," kata Puan saat menyampaikan pidatonya di gedung DPR/MPR, Selasa (16/8/2022).

Puan juga meminta jangan sampai Indonesia hanya menjadi sasaran pasar dari produk luar negeri. Dia meminta agar industri nasional bisa berdikari di bidang ekonomi.

"Kita tidak ingin hanya menjadi sasaran pasar dari produk luar; kita ingin dapat berdikari di bidang ekonomi melalui industri nasional," ucapnya.

Kemudian, Puan juga mengingatkan jangan sampai bangsa kuli di negeri sendiri. Dia pun mengajak semua pihak mulai bangga akan produk lokal buatan anak bangsa.

"Kita juga tidak ingin bangsa Indonesia hanya menjadi kuli di negerinya sendiri. Kita harus Bangga menggunakan Produk Anak Bangsa Indonesia," ujar dia.

Simak video 'Puan: Masyarakat Sudah Dewasa dalam Menghadapi Perbedaan Politik':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT