ADVERTISEMENT

Jokowi: Kita Harus 'Eling Lan Waspodo', Krisis Masih Hantui Dunia

Matius Alfons, Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 11:21 WIB
Jokowi di Sidang Tahunan MPR
Jokowi di Sidang Tahunan MPR (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti semua pihak tetap hati-hati dan waspada. Jokowi mengatakan krisis masih menghantui dunia.

"Krisis demi krisis masih menghantui dunia. Geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan," kata Jokowi saat menyampaikan pidato di sidang tahunan MPR, Selasa (16/8/2022).

Jokowi mengingatkan untuk selalu cermat dalam bertindak. Prinsip kehati-kehatian, kata Jokowi, harus terus diterapkan.

"Kita harus selalu eling lan waspodo, harus ingat dan waspada. Kita harus selalu cermat dalam bertindak. Kita harus selalu hati-hati dalam melangkah," ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan agenda besar bangsa tidak boleh berhenti. Jokowi meminta langkah-langkah besar harus terus dilakukan.

"Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu, mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia Maju. Dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas," tutur Jokowi.

Indonesia Mampu Hadapi Krisis

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan saat ini dunia menghadapi tantangan berat. Jokowi mengatakan dunia menghadapi krisis multidimensi.

"Krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan ada seratusan negara yang terdampak krisis. Sebagian di antaranya bahkan diperkirakan jatuh bangkrut.

"Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan ujian yang melanda dunia ini tidak mudah. Dia meminta semua pihak waspada.

"Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan," imbuh Jokowi.

Kendati demikian, Jokowi bersyukur Indonesia termasuk negara yang mampu mengatasi krisis global. Selain itu, Indonesia mampu mengendalikan COVID-19.

"Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan," ujar dia.

Simak juga video 'Di Sidang Tahunan, Jokowi Akui Tahan Harga BBM Agar Tak Melambung':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT