ADVERTISEMENT

Jokowi: IKN Bukan Hanya untuk ASN, tapi Juga Inovator-Wirausahawan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 11:12 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Jokowi (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Jokowi meminta agar pembangunan IKN tersebut dapat dijaga keberlanjutannya.

"Pembangunan Ibu Kota Nusantara harus dijaga keberlanjutannya," kata Jokowi saat menyampaikan pidato di sidang tahunan MPR, Selasa (16/8/2022).

Jokowi mengatakan, IKN dibangun bukan hanya untuk para ASN, tapi juga inovator dan wirausahawan. Menurutnya, IKN tidak hanya kota biasa, melainkan kota rimba yang memiliki pelayanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia.

"IKN bukan hanya untuk para ASN, tetapi juga para inovator dan para wirausahawan. Bukan hanya berisi kantor-kantor pemerintah, tetapi juga motor penggerak ekonomi baru," kata Jokowi.

"Bukan kota biasa, tetapi kota rimba dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia," sambungnya.

Jokowi menuturkan pembangunan tidak hanya dilakukan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Jokowi menyebut sebanyak 80 persen investasi swasta juga diundang untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

"Kawasan Inti pusat pemerintahan memang dibangun oleh APBN, tetapi selebihnya, 80% investasi swasta diundang untuk berpartisipasi," ujar Jokowi.

Simak video 'Di Sidang Tahunan, Jokowi Akui Tahan Harga BBM Agar Tak Melambung':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT