ADVERTISEMENT

435 Anggota MPR-DPR-DPD Hadiri Sidang Tahunan 2022

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 10:10 WIB
Ketua MPR Bamsoet
Bamsoet (Foto: MPR)
Jakarta -

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar Sidang Tahunan DPR/MPR 2022. Dihadiri 435 anggota MPR, DPR, dan DPD, sidang tahunan dinyatakan memenuhi kuorum.

Sidang tahunan dipimpin langsung oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), di gedung Nusantara, kompleks DPR/MPR, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Sidang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta jajaran menteri-menteri kabinet Jokowi serta para ketua lembaga.

Bambang Soesatyo mengatakan, berdasarkan jumlah daftar hadir, sebanyak 435 anggota MPR, DPR, dan DPD menghadiri sidang tersebut. Dia menyebut, berdasarkan Peraturan Tata Tertib MPR, DPR, dan DPD, jumlah tersebut sudah memenuhi syarat.

"Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan Sekretariat Jenderal, sampai saat ini telah hadir 435 anggota dari 711 anggota MPR DPR dan DPD, yang telah menandatangani daftar hadir," kata Bamsoet saat membuka sidang.

"Dengan demikian, berdasarkan ketentuan Pasal 66 Ayat 5 Peraturan Tata Tertib MPR dan Pasal 281 ayat 1, dan Pasal 254 ayat 5 Peraturan Tata Tertib DPR, serta Pasal 264 Ayat 5 Peraturan Tata Tertib DPD, sidang telah memenuhi syarat untuk dibuka," lanjutnya.

Bamsoet menuturkan sidang tahunan hari ini memiliki agenda mendengarkan pidato Presiden Jokowi, penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia. Dia menyatakan sidang tahunan ini terbuka untuk umum.

"Dengan ucapkan bismillahirrahmanirrahim, sidang paripurna dalam rangka sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD, dengan agenda mendengarkan pidato presiden, penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan pidato kenegaraan dalam rangka peringatan hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum," ujar Bamsoet sambil mengetuk palu.

Simak video 'Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Puji Misi Perdamaian Jokowi di Ukraina-Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT