ADVERTISEMENT

Sterilisasi Jelang HUT Ke-77 RI, Begini Suasana Kawasan Monas Pagi Ini

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 09:59 WIB
Suasana Kawasan Monas Pagi Ini.
Suasana Kawasan Monas Pagi Ini (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat ditutup sementara hari ini dalam rangka sterilisasi untuk upacara HUT ke-77 RI di Istana Negara. Begini suasananya pagi ini.

Pantauan di lokasi pukul 08.40 WIB, Selasa (16/8/2022), kawasan Monas tampak sepi. Mulai dari pagar masuk hingga di dalam kawasan Monas sudah terlihat bendera merah putih yang yang dipasang berjajar. Terlihat juga petugas tengah menyemprotkan disinfektan, dari gerbang depan hingga area dalam kawasan Monas. Di bagian luar Monas tampak beberapa warga tengah berolahraga.

Selain itu, belum terlihat rekayasa lalin yang diberlakukan di sekitar kawasan Istana Negara. Lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Timur hingga Jalan Medan Merdeka Selatan masih terpantau ramai lancar.

Suasana Kawasan Monas Pagi Ini.Suasana Kawasan Monas Pagi Ini (Wildan/detikcom)

Salah seorang petugas Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Wahyu Kurniawan mengatakan pihaknya sudah mensterilkan kawasan sejak pukul 06.00 WIB. Hingga saat ini belum ada masyarakat yang masuk ke kawasan Monas.

"Belum ada, sudah banyak yang tahu juga (sterilisasi). Sejak jam 06.00 WIB, kita kan memang kalau buka jam 06.00 WIB pagi. Ditutup sementara karena mereka kan ada giat seperti pembangunan tenda-tenda," kata Wahyu di lokasi.

Wahyu mengatakan pihaknya berjaga hingga esok hari untuk mengimbau warga yang belum mengetahui terkait sterilisasi kawasan Monas menjelang HUT ke-77 RI.

"Untuk pengunjung lain yang pasti kita halau. Nanti kalau banyak yang nggak tahu yang pasti kita imbau, kebanyakan pada paham," ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menutup sementara kawasan Monas, Jakarta Pusat. Kepala UPT Monas Muhammad Isa Sarnuri mengatakan kawasan Monas baru akan dibuka pada 17 Agustus mendatang pukul 08.00-16.00 WIB. Masyarakat umum dipersilakan menyaksikan jalannya prosesi kirab Bendera Merah Putih pada Rabu besok.

Kendati begitu, Pemprov DKI hanya membuka kawasan Monas. Sedangkan tugu Monas tetap ditutup pada 17 Agustus.

"Rabu pas HUT-nya RI jam 8 baru kita buka untuk umum karena umum diberikan kesempatan untuk melihat kirab bendera," ujarnya.

Dalam rangka Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 pada 17 Agustus 2022, pemerintah mengadakan berbagai kegiatan, termasuk puncak kegiatannya adalah upacara 17 Agustus di Istana Merdeka. Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka itu diselenggarakan secara langsung di halaman Istana Merdeka dan secara daring melalui video conference.

Lihat juga video 'Serunya Perayaan HUT RI di Tabanan, Ada Sepeda Hias 'Tank Tempur'':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT