ADVERTISEMENT

Anies Bakal Jadi Inspektur Upacara HUT RI Ke-77 di Plaza Selatan Monas

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 16:24 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menjadi inspektur upacara dalam perayaan HUT RI ke-77 di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas). Kegiatan upacara rencananya digelar pada pukul 07.00 WIB pagi.

"Untuk upacara HUT DKI jam 07.00 sampai 07.45 WIB dipimpin Pak Gubernur langsung," kata Kabiro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Andriansyah saat dihubungi, Senin (15/8/2022).

Andri menjelaskan, nantinya Anies akan menyampaikan teks sambutan yang sama dengan pemerintah pusat. Setelahnya, agenda dilanjutkan dengan acara kirab atau pengiriman bendera pusaka dan teks proklamasi ke Istana Negara.

"Tidak akan ada acara sesuai upacara 17 Agustus karena Monas harus segera bersih, mau ada kirab. Kirabnya itu dari panitia HUT pusat," ujarnya.

Adapun peserta yang bakal mengikuti kegiatan upacara adalah pegawai Pemprov yang berkantor di Balai Kota DKI Jakarta. Sedangkan untuk tingkat kota ataupun daerah yang berkantor di luar Balai Kota bisa menggelar prosesi upacara di lokasi masing-masing.

"Seluruh ASN yang berkantor di Balai Kota melaksanakan upacara di Monas sisi selatan. Kalau yang punya gedung-gedung sendiri, silakan. Kemudian Wali Kota juga mengadakan upacara. Kecamatan, Wali Kota, juga mengadakan upacara, di masing-masing wilayah," terangnya.

Secara keseluruhan, disebutkan Pemprov DKI tidak menggelar acara khusus pada HUT RI ke-77. Kendati begitu, Pemprov DKI meminta agar masing-masing perangkat daerah menghias gedung perkantorannya.

"Kemudian juga mengimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan HUT dengan mempedomani status PPKM yang sedang dilaksanakan Pemprov DKI Jakarta," tandasnya.

Simak juga 'Jokowi Ajak Warganet Tebak Pakaian Adat di HUT Ke-77 RI':

[Gambas:Video 20detik]

(taa/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT