ADVERTISEMENT

Ponpes Ngruki Bakal Gelar Upacara 17 Agustus, Menko PMK Jadi Irup

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 16 Agu 2022 09:36 WIB
Menko Muhadjir Effendy (Wilda Hayatun Nufus/detikcom).
Foto: Menko Muhadjir Effendy (Wilda Hayatun Nufus/detikcom).
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT RI ke-77 di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah. Upacara akan dihadiri sekitar 1.300 peserta.

Sekretaris Kemenko PMK Y.B Satya Sananugraha mengatakan Yayasan Pendidikan Islam Al Mukmin Ngruki telah mengirimkan surat kepada Kemenko PMK per tanggal 10 Agustus 2022, dengan nomor surat: 1906/YPIA/VIII/2022. Surat itu perihal permohonan menjadi inspektur upacara kepada Menko PMK Muhadjir Effendy.

"Bapak Menko PMK Muhadjir Effendy telah dijadwalkan untuk hadir dan menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT RI ke-77 di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki," ujar Satya dalam keterangan tertulis di laman resmi Kemenko PMK, Selasa (16/8/2022).

Satya mengatakan persiapan telah dilakukan oleh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki sejak hari Minggu (14/8), gladi kotor pada Senin (15/8), dan persiapan gladi bersih pada Selasa (16/8). Dia menyebut petugas upacara akan dilakukan oleh santri dan ustaz di ponpes.

"Untuk para personel upacara nanti adalah dari para ustaz dan santri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki. Mereka telah dilatih oleh Dandim Sukoharjo, Polres Sukoharjo, dan Pemkab Sukoharjo," jelas Satya.

"Rencananya peserta yang akan hadir sebanyak 1.300 peserta dari santri pesantren Al Mukmin Ngruki tingkat SD, SMP dan SMA," imbuhnya.

Satya mengatakan momentum peringatan upacara HUT RI ke-77 di Ponpes Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, mengajak seluruh anak bangsa senantiasa bersama bekerja keras, mengedepankan persatuan dan kesatuan, bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

"Mari kita manfaatkan momentum peringatan HUT RI ke-77 ini untuk bergerak bersama demi kemajuan Indonesia, serta demi pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat," pungkas Sesmenko PMK.

Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki didirikan oleh tokoh 6 serangkai. Salah satu pendirinya adalah Abu Bakar Ba'asyir.

"Ada enam pendiri ponpes kami, yaitu Ustaz Abdullah Sungkar, Ustaz Abu Bakar Ba'asyir, Ustaz Abdullah Baraja, Ustaz Yoyok Rosywadi, Ustaz Abdul Qohar Daeng Matase dan Ustaz Hasan Basri," Direktur Ponpes Al-Mukmin, Ustaz Yahya, dalam jumpa pers di Ponpes Al-Mukmin, seperti dilansir dari detikJateng, Rabu (8/6).

Lihat juga video 'Upacara 17-an dari Bendungan hingga di Atas Bukit':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT