ADVERTISEMENT

Komnas HAM Apresiasi Keterbukaan Timsus Polri Saat Cek TKP Penembakan Yoshua

Mulia Budi - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 19:32 WIB
Komnas HAM meninjau TKP penembakan Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, di Duren Tiga, Jaksel. Polri dan Kompolnas juga tiba di TKP Duren Tiga.
Komnas HAM, Polri, dan Kompolnas Cek Lokasi Penembakan Brigadir J (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Komnas HAM mengapresiasi keterbukaan tim khusus (timsus) yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menangani kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Komnas HAM Choirul Anam mengatakan timsus tak membatasi akses selama pengecekan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

"Yang pertama-tama kami ucapkan terima kasih ke temen-temen kepolisian, khususnya Timsus yang memberikan akses kepada kami seluas-luasnya dan sebebas-bebasnya," ujar Anam kepada wartawan di Kompleks Polri, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022).

Anam mengatakan saat cek TKP pihaknya didampingi Kedokteran Kepolisian dan Kesehatan Kepolisian (dokkes), Inafis, hingga Labfor Polri. Dia menyebut setiap pertanyaan yang diajukan Komnas HAM saat pengecekan telah dijawab oleh timsus.

"Ketika kami nanya 'ini kok kenapa posisinya begini?' Ya kalau itu terkait soal apa namanya sudut tembakan teman-teman Inafis yang menjelaskan atau juga teman-teman dokkes yang juga menambahkan," ujarnya.

"Artinya memang ada satu sikap keterbukaan yang kami apresiasi tinggi terhadap Timsus dan temen-temen kepolisian secara keseluruhan," imbuhnya.

Dia mengatakan pengecekan Komnas HAM juga tak terhalang adanya police line yang terpasang di TKP penembakan Brigadir J. Dia menjelaskan rumah dinas Irjen Ferdy Sambo yang disebut sebagai lokasi penembakan Brigadir J merupakan wilayah penyidikan.

"Karena tadi kami dibukakan misalnya itu kan ada apa namanya, ini kan wilayahnya penyidikan sebenernya ya, ada police line dan sebagainya. Police line juga dibuka sama penyidiknya sehingga kami bisa masuk, melihat langsung secara bebas, dan ini kita mengapresiasi tinggi," tuturnya.

Anam mengatakan pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada timsus lantaran dapat memeriksa Bharada E di rutan Bareskrim. Menurut Anam, peristiwa penembakan Brigadir J semakin terang setelah mengecek TKP yang dilakukan Komnas HAM.

"Dan proses ini, itu membuat kami juga peristiwanya semakin terang benderang, ada tim yang lain yang sekarang ada di Bareskrim yang sedang meminta keterangan kepada Bharada E dan kami juga dikasih akses untuk meminta keterangan dan kami juga ucapkan terima kasih untuk proses itu," ucapnya.

Simak Video 'Komnas HAM, Timsus hingga Kompolnas Olah TKP di Rumah Dinas Sambo':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT