ADVERTISEMENT

Komnas HAM Akan Dalami Konstruksi Pembunuhan Yoshua saat Periksa Bharada E

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 15:25 WIB
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam (Anggi-detikcom)
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan memeriksa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E di Bareskrim Polri sore ini. Komnas HAM akan mendalami terkait konstruksi peristiwa pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J yang terjadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

"Ya semua hal terkait Bharada E pasti kan kami dalami dalam konteks peristiwa dan konstruksi peristiwa itu," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam kepada wartawan di gedung Komnas HAM, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Anam menyebutkan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan penyidik Bareskrim Polri untuk memeriksa Bharada E. Komnas HAM, sambung Anam, akan fokus terkait keterlibatan Bharada E dalam peristiwa meninggalnya Brigadir J.

"Ini kami sudah berkoordinasi sama penyidik dan nanti akan dibantu juga oleh penyidik untuk prosesnya," ujar Anam.

"Semua terkait Bharada E atas peristiwa ini pasti kami akan dalami, termasuk apa yang kami juga dapat beberapa waktu yg lalu terkait Bharada E," tambahnya.

Hari ini Komnas HAM juga akan meninjau tempat kejadian perkara (TKP) penembakan yang menewaskan Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Kami hari ini dua agenda. Satu ke TKP, satu ke Bareskrim itu waktunya bersama-sama. Sama-sama jam 3, jadi kami split team ya untuk TKP memang kami mendalami apa yang ada di sana. Kalau untuk yang ke Bareskrim itu spesifik terkait Bharada E," ucap Anam.

Bareskrim Tetapkan 4 Tersangka

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengumumkan daftar tersangka kasus kematian Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Polri telah menetapkan empat orang menjadi tersangka kasus Brigadir J.

Seperti diketahui, sebelumnya Bharada E alias Bharada Richard Eliezer menjadi tersangka pertama yang telah ditetapkan. Kemudian ada tersangka RR dan KM yang juga ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus tersebut.

Kini tersangka baru yang telah diungkapkan oleh Polri adalah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Dengan penetapan Irjen Sambo menjadi salah satu tersangka kasus tewasnya Brigadir J, sekarang total tersangka ada empat orang.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto juga telah menyebut daftar keempat tersangka kasus Brigadir J adalah Bharada RE, Bripka RR, KM, dan Irjen FS. Berikut ini daftar empat nama tersangka kasus Brigadir J yang telah ditetapkan dan diketahui sejauh ini:

1. Bharada E atau Bharada RE adalah Bharada Richard Eliezer
2. Tersangka RR atau Brigadir RR adalah Brigadir Ricky Rizal
3. Tersangka KM
4. Irjen Ferdy Sambo adalah mantan Kadiv Propam Polri

Simak Video 'TAMPAK ke KPK, Laporkan Dugaan Percobaan Suap di Kasus Brigadir J':

[Gambas:Video 20detik]

(nhd/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT