ADVERTISEMENT

Akses Rumah Mursideh Ditembok Tetangga, Wagub Ingatkan Saling Menghormati

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 10:22 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Aliya-detikcom)
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Aliya/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara mengenai kejadian akses ke rumah salah seorang warga di Pulogadung bernama Mursideh ditembok oleh tetangganya karena merasa sakit hati. Riza meminta sesama tetangga saling menghormati dan menjauhi konflik.

"Itu juga kejadian yang kita harapkan tidak terulang kembali, mari kita hidup di manapun, termasuk kota Jakarta harus saling jaga, harus saling menghormati apalagi tetangga dekat," kata Riza saat ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Riza meminta, dalam kehidupan bertetangga, masing-masing pihak tidak memikirkan kepentingan pribadi ketika menjalani kehidupan bertetangga.

"Jangan kita pikirkan pribadi kita, keluarga kita sendiri tetapi jauh lebih penting memikirkan lingkungan dan tetangga kita," ujarnya.

Dia juga menyebut, dalam kasus Mursideh, pihaknya telah melakukan mediasi di antara kedua belah pihak. Namun, malah berujung Mursideh yang memutuskan pindah rumah.

"Itu dicoba mediasi belum selesai tapi yang bersangkutan akhirnya pindah rumah dan rumahnya dijual," ucapnya.

Riza mengakui Pemprov DKI masih memilik banyak pekerjaan rumah, khususnya dalam menata permukiman padat. Prinsipnya, kata Riza, pihaknya mesti mengatur antara pembagian wilayah dan penghuninya.

"Itu memang tugas kita karena di Jakarta masih banyak permukiman padat. Tugas kita memastikan bahwa pembagian wilayah dengan penghuninya harus diatur," tandasnya.

Mursideh Pilih Pindah Rumah

Seperti diketahui, keluarga Mursideh pindah dari rumahnya di Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur (Jaktim), yang ditembok tetangga. Mursideh memutuskan pindah usai tak tercapainya kesepakatan untuk membongkar tembok dengan tetangganya.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (14/9) pukul 11.55 WIB, kondisi rumah Mursideh sudah tampak sepi. Tembok yang menutup depan rumahnya juga masih berdiri.

Di teras depan rumahnya terlihat beberapa perabotan rumah tangga berupa lemari dan kulkas. Pintu rumahnya tampak tertutup rapat.

Seorang tetangga bernama Ega mengatakan keluarga Mursideh sudah pindah sejak tadi pagi. Ia menyebut pindahnya ke Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulogadung, ke rumah dari keluarga suami Mursideh.

"Udah pindah tadi pagi (keluarga Mursideh) sekitar jam 7-anlah. Pindah ke situ ke rumah saudara suaminya Mursideh," ujar Ega saat ditemui di lokasi.

Ega mengaku sempat membantu memindahkan barang-barang keluarga Mursideh. Menurutnya, lemari dan kulkas yang masih berada di teras depan masih menunggu untuk dipindahkan.

"Dibawa atau nggaknya itu (kulkas dan lemari) kurang tahu soalnya tadi udah banyak barang-barang yang dibawa," tambahnya.

Simak video 'Terkuak Alasan Pemilik Lahan Tembok Akses Jalan Rumah di Pulogadung':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT