ADVERTISEMENT

Wagub Bakal Evaluasi Rumah Dinas Lurah di Jakpus yang Jadi Gudang

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 10:22 WIB
Ahmad RIza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad RIza Patria (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah rumah dinas (rumdin) lurah di Jakarta Pusat dijadikan gudang penyimpanan barang bekas. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan barang-barang yang diletakkan di dalam rumah dinas lurah itu merupakan inventaris milik kelurahan.

"Memang ada rumah dinas yang seharusnya diisi oleh lurah. Mungkin karena satu dua hal, di antaranya lurah sudah ada tempat tinggal lain. Jadi rumah dinas itu tidak difungsikan sebagai tempat tinggal. Tapi difungsikan untuk sementara menyimpan barang-barang yang ada inventarisnya. Memang inventaris yang ada milik kelurahan itu ya tugas kelurahan," kata Riza saat ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Riza memandang sudah menjadi tugas pemerintah daerah melakukan inventarisasi atau pendataan barang miliknya. Hal inilah yang menjadi alasan rumdin tersebut difungsikan untuk penyimpanan barang.

"Kalau milik Pemprov ya tugas Pemprov. Harus dijaga, dirawat dipastikan dalam kondisi baik. Dan harus didata, tidak boleh hilang. Itulah sebabnya makanya rumah dinas yang kosong itu dimanfaatkan," ujarnya.

Kendati begitu, Riza mengakui rumdin dimanfaatkan tidak sesuai peruntukan sebagai rumah tinggal. Atas kejadian ini, pihaknya bakal melakukan evaluasi secara menyeluruh.

Nantinya, pihaknya bakal mengkaji dari segi penggunaan maupun pemanfaatan.

"Ke depan akan dilakukan evaluasi. Kita akan fungsikan rumah dinas tersebut sesuai dengan peruntukannya. Karena peruntukan rumah dinas lurah ya bukan untuk menyimpan barang-barang bekas," pungkasnya.


Rumah Dinas Lurah di Jakpus Jadi Gudang

Sebagaimana diketahui, sejumlah rumah dinas untuk lurah di Jakarta Pusat (Jakpus) berubah fungsi menjadi gudang untuk barang bekas. Ada juga rumah dinas lurah yang tidak ditempati.

Lihat juga video 'Gorden Rp 90 Juta untuk Rumah Dinas Anggota DPR':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT