ADVERTISEMENT

Sertu AK Otak Pembunuhan Bendahara KONI di Kalbar Ditahan

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 21:34 WIB
Ilustrasi Garis Polisi
ilustrasi garis polisi (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Salah seorang oknum TNI, Sertu AK, menjadi otak pembunuhan Ahmad Nurcholys, bendahara KONI di salah satu kabupaten di Kalimantan Barat (Kalbar). Sertu AK kini resmi ditahan.

"Sejak Selasa (9/8) yang bersangkutan sudah ditahan dan menjalani pemeriksaan di Sapom Lanud Atang Sendjaja, Bogor. TNI AU dipastikan bertindak tegas, sesuai hukum yang berlaku," ujar Kadispenau Marsma Indan Gilang Buldansyah dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (14/8/2022).

Indan memastikan proses hukum terhadap Sertu AK sudah berjalan. TNI AU, jelas Indan, akan bertindak tegas terhadap setiap anggota yang melanggar hukum.

Diketahui, Sertu AK merupakan personel Lanud Supadio Pontianak. Saat kasus ini disidik, status Sertu AK sebagai siswa di satuan pendidikan yang berada di Lanud Atang Sendjaja, Bogor.


4 Tersangka Ditangkap

Sebelumnya disebutkan, polisi menangkap empat tersangka pembunuh Ahmad Nurcholys, petinju sekaligus bendahara KONI di Kalbar. Mereka ialah Sertu AK (33) yang berasal dari Kalbar beserta tiga rekannya, AA (37), D (37) dan RH (25).

"Salah satu pelaku itu salah satunya oknum TNI, yang otak pelaku atau AK itu. Makanya kita kemarin bekerjasama dengan Sat POM TNI AU Lanud Atang Sanjaya untuk melakukan penangkapan terhadap satu pelaku tersebut (AK)," ungkap Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo DC Tarigan dalam jumpa pers di Mapolres Bogor, Kamis (11/8).

Siswo menyebut AK merupakan TNI yang berdinas di Kalbar. AK berada di Bogor karena sedang mengikuti pendidikan. Saat ini, AK ditahan dan kasusnya ditangani POM AU.

"Yang bersangkutan itu sebenarnya berdinas di Kalimantan Barat, keberadaan yang bersangkutan disini sedang berstatus sebagai peserta didik, tetapi secara organik dia (dinas) di Kalimantan Barat. Pangkatnya lupa," papar Siswo

(isa/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT