ADVERTISEMENT

4 Hal Terbalik dari Kasus Tewasnya Brigadir Yoshua

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 14 Agu 2022 09:25 WIB
Rumah Dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga
TKP pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan. (Mulia/detikcom)
Jakarta -

Kasus pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua atau Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan, penuh dengan pelintiran alur cerita (plot twist). Ada beberapa cerita yang terbalik dari fakta sesungguhnya.

Dirangkum detikcom, Minggu (14/8/2022), berikut ini rangkaian hal-hal yang terbalik dari kasus pembunuhan Brigadir J:

1. Narasi Baku Tembak yang Ternyata Pembunuhan

Brigadir J tewas di rumah dinas Irjen Sambo yang berada di Duren Tiga pada 8 Juli 2022. Namun, peristiwa berdarah ini baru diumumkan pada 11 Juli, tiga hari setelah kejadian.

Saat itu, peristiwa ini disebut sebagai aksi baku tembak antara Bharada Eliezer atau Bharada E dan Brigadir J. Bharada E disebut membela diri.

Namun, narasi baku tembak ini mulai gugur usai Bharada E menjadi tersangka pembunuhan. Narasi baku tembak pun terpatahkan saat Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka pembunuhan berencana bersama Brigadir Ricki Rizal (RR) dan Kuat Ma'ruf pada 9 Agustus 2022.

2. Dugaan Pelecehan yang Akhirnya Disetop

Selain itu, kasus ini disebut dipicu oleh dugaan pelecehan seksual terhadap Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Brigadir J disebut masuk ke kamar saat istri Irjen Ferdy Sambo sedang beristirahat pada 8 Juli di rumah dinas kawasan Duren Tiga. Brigadir J disebut melakukan pelecehan dan menodongkan pistol ke kepala istri Irjen Ferdy Sambo.

Dugaan pelecehan seksual mulai mengabur saat Sambo mengaku membunuh Brigadir J karena terpicu kejadian di Magelang. Artinya, peristiwa terjadi sebelum 8 Juli.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi pada 12 Agustus kemudian mengumumkan bahwa kasus dugaan pelecehan seksual terhadap Putri dihentikan. Alasannya, tidak ditemukan peristiwa pidana.

Simak Video 'Jejak Dugaan Pelecehan ke Istri Sambo yang Akhirnya Disetop':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT