ADVERTISEMENT

Surya Tjandra Eks Wamen dari PSI Puji Anies, Bawa-bawa Ahok

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 17:37 WIB
Surya Tjandra (pertama dari kiri)/Anggi-detikcom
Foto: Surya Tjandra (pertama dari kiri)/Anggi-detikcom
Jakarta -

Eks Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) yang juga politikus PSI, Surya Tjandra, memuji kemenangan Anies Baswedan saat Pilgub DKI Jakarta 2017. Dia menyebut Anies terpilih sebagai Gubernur DKI karena pilihan rasional orang-orang miskin.

Hal itu disampaikan Surya Tjandra saat menjadi pembicara di acara bedah buku 'Tak Perlu Ratu Adil' karya Edbert Gani Suryahudaya. Dia menyebut Anies menang karena pemikiran rasional dari orang-orang miskin di Jakarta yang merasa korban kebijakan di era sebelumnya.

"Gani (penulis buku) dia ini ngetop ya di kampus saya, di Atma Jaya, sampai Rektor posting karena nulis di Tempo saja tuh. Intinya, mau bilang Pak Anies menang bukan karena Bang Fahri (Waketum Gelora Fahri Hamzah), tapi pilihan rasional orang-orang miskin Jakarta, yang secara realitas melihat praktik sebelumnya dianggap merugikan dia," kata Surya di Perpustakaan Freedom, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (13/8/2022). Fahri juga hadir sebagai pembicara di acara ini.

"Kemudian ada tawaran baru, membuat kontrak politik baru dan itulah yang membuat dia menang," sambungnya.

Dia mengatakan penguasa elektoral adalah kelompok bawah. Menurutnya, suara-suara kelompok bawah itu malah jarang kedengaran.

"Karena kadang-kadang orang lupa, ini poin pentingnya dari Gani, penguasa elektoral kita adalah kelompok bawah, orang-orang yang sering suaranya tidak kedengaran," katanya.

Surya mengatakan ingin bertemu dengan pendukung dan penolak mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Dia mengaku ingin mengetahui hal yang menjadi keresahan warga.

"Jadi, kalau memang diizinkan oleh garis tokoh yang baru, ikut Pak Anies misalnya, saya ingin ketemu sama orang-orang itu yang dulu katanya anti banget sama Ahok atau cinta banget sama Ahok, sebaliknya. Ini perlu pahami, apa sih sebetulnya yang jadi keresahan? Apa concern-nya? Apa ketakutannya barang kali begitu? Karena kita ingin membangun politik yang rasional," tuturnya.

Surya Tjandra diketahui telah mendeklarasikan diri mendukung Anies. PSI sendiri tak mempermasalahkan dan menyebutnya sebagai seleksi alam.

"Ya ada seleksi alam ya. Jadi kami adalah partai yang berdiri atas kebijakan salah satunya melawan politik agama, ya. Jadi ini rasanya tidak bisa dinegosiasi," kata Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (10/8).

Raja Juli tak mempermasalahkan bila ada kader PSI yang berseberangan dengan partai. PSI, kata Raja Juli, tak takut tertinggal. Dia lantas menargetkan PSI akan mendulang suara dua digit.

"Jadi bagi kawan-kawan yang memang melihat kandidat lain yang berbeda dengan pilihan PSI, ya kita memang punya pilihan politik. Tidak ada masalah," ujarnya.

Tonton juga Video: Anies Duet dengan AHY di 2024?

[Gambas:Video 20detik]




(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT