ADVERTISEMENT

Kala Ratusan Eks Napiter Nyanyi Bareng Iwan Fals di Bogor

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 16:02 WIB
Iwan Fals nyanyi bareng eks napiter di Bogor (Rizky Adha/detikcom)
Iwan Fals nyanyi bareng eks napiter di Bogor. (Rizky Adha/detikcom)
Jakarta -

Yayasan Hubbul Wathon 19 menggelar kegiatan bertajuk 'Jambore Pejuang Damai'. Salah satu tujuannya mengajak ratusan mantan napi teroris (napiter) kembali mencintai Indonesia. Dalam kesempatan itu, turut hadir penyanyi Iwan Fals sebagai pengisi acara.

Pantauan detikcom di Leuwi Pangaduan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Sabtu (13/8/2022), Iwan Fals tampil di tengah kegiatan ini sebagai penghibur.

Sesekali Iwan Fals memberikan sejumlah pesan kepada mantan napiter. Salah satunya mengajak mereka menanam pohon.

"Pejuang damai, ayo tanam pohon," ujar Iwan Fals di tengah-tengah penampilannya.

Lantunan nyanyian Iwan Fals disambut sorak sorai mantan napiter. Mereka turut bernyanyi bersama-sama memeriahkan kegiatan tersebut.

Beberapa lagu dibawakan Iwan Fals dalam penampilannya, di antaranya Bento, Pesawat Tempur, dan Kumenanti Seorang Kekasih.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadensus Antiteror Polri Irjen Marthinus Hukom dan Ketua MUI KH Muhammad Cholil Nafis. Marthinus mengajak ratusan mantan napiter memaknai keindahan Indonesia.

"Kita hadir di sini untuk memaknai bagaimana indahnya Indonesia. Mari kita mencintai Indonesia ini seperti mencintai diri kita sendiri. Kalau kita sakit, artinya negara kita sakit. Kalau kita sakit, berarti saudara kita sakit," kata Marthinus dalam sambutannya.

Ketua MUI KH Muhammad Cholil Nafis juga turut menyampaikan tausiah kepada mantan napiter. Dia menyinggung soal jihad dan keadilan.

"Jangan sampai alergi kata jihad, tapi jangan sampai menyalahgunakan kata jihad. Kita rela orang nggak salah apa-apa tiba-tiba kita bom, mati, pengin masuk surga. Itu jihad? Bukan. Itu bukan jihad, itu zalim kepada orang lain dan juga pada diri sendiri," kata Cholil.

(azh/azh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT