ADVERTISEMENT

Kabar Terkini Bharada Eliezer yang Ganti Pengacara Lagi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 13 Agu 2022 07:43 WIB
Bharada Richard Eliezer, Bharada Eliezer, Bharada E
Bharada E (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yoshua (Brigadir J), Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, kembali mengganti pengacaranya. Ini adalah yang kedua kalinya Bharada E ganti pengacara.

Terkini, Bharada E dibela oleh advokat Ronny Talapessy. Ronny Talapessy mendapatkan kuasa dari Bharada E sejak 10 Agustus 2022.

Pengacara Pertama Mundur

Pengacara pertama Bharada E adalah Andreas Nahot Silitonga. Namun Andreas mengajukan pengunduran diri membela Bharada E.

"Kami sebagai dahulu tim penasihat hukum Richard yang dikenal dengan Bharada E pada hari ini datang ke Bareskrim untuk menyampaikan pengunduran diri kami sebagai penasihat hukum Bharada E," kata Andreas di gedung Bareskrim Polri, Sabtu (6/8).

Dia mengatakan sudah menyampaikan alasan pengunduran dirinya kepada Kabareskrim Komjen Agus Andrianto. Namun dia tak mengungkap alasannya ke publik.

Andreas Nahot diketahui merupakan pengacara yang ditunjuk keluarga Irjen Ferdy Sambo untuk mendampingi Bharada E. Mundurnya Andreas dikomentari pihak Brigadir J selaku korban.

Pihak Brigadir J makin yakin ada sesuatu yang ditutupi dalam kasus yang terjadi pada Jumat (8/7) di rumah dinas Kadiv Propam Polri itu.

Pengacara Kedua Dicabut Kuasanya

Setelah Andreas Nahot mengundurkan diri, pendampingan hukum Bharada E kemudian diberikan kepada Deolipa Yumara dan Muhamad Boerhanuddin. Namun belakangan, Bharada E mencabut kuasa Deolipa Yumara dan Muhamad Boerhanuddin sebagai pengacaranya.

Pencabutan kuasa ini dibenarkan oleh Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi.

"Iya, betul," kata Andi saat dimintai konfirmasi, Jumat (12/8/2022). Andi menjawab pertanyaan terkait benar atau tidaknya surat pencabutan kuasa oleh Bharada E itu.

Andi mengatakan pencabutan merupakan wewenang Bharada E. Dia tak memberikan alasan detail terkait pencabutan kuasa ini.

"Ya namanya juga ditunjuk. Kalau penunjukannya ditarik, kan terserah yang nunjuk," katanya.

Andi menyebut awalnya Deolipa dan Boerhanuddin memang ditunjuk oleh salah satu penyidik untuk membela Bharada E.

"Penyidik yang menunjuk untuk Bharada E," katanya.

Baca di halaman selanjutnya: pengacara baru Bharada E

Lihat Video: Jejak Dugaan Pelecehan ke Istri Sambo yang Akhirnya Disetop

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT