ADVERTISEMENT

Camat: Banjir di Sekitar Stasiun Tanjung Barat Mulai Surut

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 21:00 WIB
Banjir di sekitar Tanjung Barat (dok warga bernama April)
Banjir di Sekitar Tanjung Barat (Dok. Warga Bernama April)
Jakarta -

Banjir akibat hujan deras menggenangi kawasan Stasiun Tanjung Barat, Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel), malam ini. Tinggi air sempat mencapai 30 cm.

"Terkait dengan genangan di sepanjang jalan raya tersebut benar, tadi sempat terjadi ketika hujan besar, itu terjadi sekitar 30 cm," kata Camat Jagakarsa, Santoso, kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Santoso mengatakan genangan itu sudah mulai surut. Dia menyebut petugas PPSU masih melakukan pembersihan menangani genangan banjir tersebut.

"Tetapi sekarang secara berangsur anggota PPSU masih di sana sedang melakukan penanganan-penanganan, sudah mulai surut sampai dengan 10 cm berdasarkan informasi perkembangan terkini," ujarnya.

"Yang jelas kami sedang melakukan penanganan di lokasi tersebut untuk mengurangi genangan dengan melakukan pembersihan di tali-tali air. Tali-tali air itu adalah lobang jalan raya yang dibuat, bagian dari infrastructure jalan untuk membuang air, itu kan kadang-kadang suka mampet tuh karena pasir atau karena apa atau karena ada sampah itu sedang dilakukan penanganan," tambahnya.

Selain itu, dia membenarkan terjadinya kemacetan saat banjir tersebut. Menurutnya, kemacetan panjang itu muncul karena hujan deras dan banjir terjadi saat jam pulang kerja menjelang weekend.

"Kemudian apalagi hujannya juga persis di jam rush hour kemudian traffic juga lagi tinggi-tingginya. Maka sempat tersendat terjadi kemacetan tetapi yang ini sekarang situasinya menurut informasi yang ada di lapangan sudah berangsur-angsur normal," ucapnya.

Warga bernama Eka mengatakan air menggenang di depan Mal AEON hingga Stasiun Tanjung Barat. Eka menduga banjir terjadi karena hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak sore.

"Banjirnya di sekitaran Stasiun Tanjung Barat, lihatnya di depan AEON. Hujan dari sore, banjir masih belum surut," ujar Eka kepada detikcom.

Eka mengira kemacetan yang terjadi di jalanan tersebut karena sejumlah kendaraan berupaya menghindari jalan yang sudah terendam air.

"Macet total arah Depok. Pengendara ambil jalur TransJakarta dan trotoar depan mal," lanjut Eka.

(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT