ADVERTISEMENT

Senyum Puan hingga Bamsoet saat Jokowi Ditanyai Restu ke Prabowo-Ganjar

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 18:57 WIB
Jokowi dan Para Ketua Lembaga
Jokowi dan para pimpinan lembaga negara (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Ketua DPR Puan Maharani hingga Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) ikut tersenyum saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditanyai isu memberikan restu kepada Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024. Momen itu terjadi setelah Jokowi bertemu para pimpinan lembaga negara di Istana Negara.

Momen Jokowi menyampaikan keterangan setelah pertemuan itu terlihat dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (12/8/2022). Jokowi didampingi oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua BPK Isma Yatun, Ketua MK Anwar Usman, Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata, dan Ketua MA M Syarifuddin.

Jokowi awalnya menyampaikan keterangan mengenai isu krisis global yang dibahas dalam pertemuan dengan para pimpinan lembaga negara. Selain itu, Jokowi mengatakan pertemuan pimpinan lembaga negara memang sudah lama tidak dilakukan sejak pandemi COVID-19.

"Memang sudah lama kita lembaga-lembaga tinggi negara, memang karena COVID, memang sudah lama nggak ketemu. Jadi pas 17 Agustusan untuk berbicara hal-hal yang tadi saya sampaikan," ujar Jokowi.

Jokowi dan Para Pimpinan Lembaga NegaraJokowi dan para pimpinan lembaga negara (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Setelah itu, wartawan pun bertanya ke Jokowi mengenai isu lain di luar pertemuan tersebut. Salah satu yang ditanyakan adalah terkait isu Jokowi memberikan restu nyapres kepada Prabowo dan Ganjar.

Mendengar pertanyaan itu, Jokowi langsung tertawa. Para pimpinan lembaga negara, seperti Puan, Bamsoet, hingga La Nyalla, juga ikut tersenyum mendengar pernyataan itu. Jokowi kemudian menjawab pertanyaan tersebut.

"Istilahnya, saya kira karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan, ndak, kan nggak gitu mestinya," kata Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan. Jokowi menjawab pertanyaan soal informasi Jokowi memberikan restu nyapres ke Prabowo dan Ganjar.

Jokowi berbicara mengenai demokrasi di Indonesia. Jokowi mempersilakan jika pernyataannya itu ditafsirkan memberikan restu.

"Ya silakan, demokrasi kita kan memang harus disampaikan seperti itu, nggak mungkin presiden, ada misalnya menteri yang ke saya untuk menyampaikan itu, kemudian saya bilang tidak, nggak bisa," ujar Jokowi.

"Ya silakan. Kalau itu ditafsirkan sebagai restu, ya silakan juga," sambung dia.

Lihat Video: Pak Jokowi Endorse Siapa, Prabowo Atau Ganjar?

[Gambas:Video 20detik]



(knv/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT