ADVERTISEMENT

Dipanggil Bareskrim sebagai Tersangka, Rionald Soerjanto Mangkir

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 16:30 WIB
Rionald Anggara Soerjanto (tengah). (Rakha/detikcom)
Rionald Anggara Soerjanto (tengah). (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Dittipideksus Bareskrim Polri menjadwalkan pemeriksaan terhadap Rionald Anggara Soerjanto (RAS) sebagai tersangka. Tersangka dugaan penipuan di PT Asli Rancangan Indonesia itu tidak memenuhi panggilan.

"Perkembangan yang dapat disampaikan bahwa tersangka atas nama RAS selaku Direktur Operasional PT Asli Rancangan Indonesia tidak memenuhi jadwal panggilan penyidik pada hari Kamis tanggal 11 Agustus 2022 kemarin," kata Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Ramadhan mengatakan penyidik menjadwalkan pemeriksaan ulang. Pemeriksaan itu dijadwalkan ulang pada Kamis (21/8) pekan depan.

"Selanjutnya penyidik telah mengirimkan surat panggilan kedua pada hari Kamis tanggal 21 Agustus 2022 untuk dimintai keterangannya sebagai tersangka," ujarnya.

Sebelumnya, Dittipideksus Bareskrim Polri menetapkan Rionald Anggara Soerjanto sebagai tersangka dalam kasus dugaan penggelapan dan/atau penipuan di PT Asli Rancangan Indonesia. Penetapan ini dilakukan setelah dilakukannya gelar perkara.

"Iya (sudah tersangka). Sejak Senin lalu," kata Dirtipideksus Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan saat dimintai konfirmasi, Rabu (10/8).

Secara terpisah, Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyebut kasus ini diduga terjadi sejak 2018 hingga 2021 di Jakarta dan beberapa kota lainnya di Indonesia. Kasus ini mengakibatkan kerugian dengan nilai mencapai Rp 37,4 miliar.

"Dalam praktiknya, RAS merekrut orang untuk seolah-olah bekerja memasarkan produk PT Asli Rancangan Indonesia serta mengarahkan pembayaran fee pemasaran produk kepada orang yang tidak berhak," ujar Ramadhan.

Simak juga Video: Pilu Bocah Penjual Keripik di Lampung, Ditipu Pembeli Pakai Uang Palsu

[Gambas:Video 20detik]




(azh/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT