Pengacara Baru Siapkan Saksi Meringankan bagi Bharada E

ADVERTISEMENT

Pengacara Baru Siapkan Saksi Meringankan bagi Bharada E

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 13:05 WIB
Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (kiri) berjalan memasuki ruangan saat tiba di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). Kedatangan Bharada E tersebut untuk dimintai keterangan terkait insiden baku tembak dengan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J  yang terjadi pada Jumat (8/7) lalu di rumah dinas Kepala Divisi Propam Polri nonaktif Irjen Pol. Ferdy Sambo. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Bharada Richard Eliezer atau Bharada E (kiri) saat memenuhi panggilan Komnas HAM. (Antara Foto/M Risyal Hidayat)
Jakarta -

Bharada Richard Eliezer atau Bharada E telah menunjuk advokat Ronny Talapessy sebagai pengacara baru yang akan membelanya. Selaku pengacara, Ronny saat ini tengah menyiapkan pembelaan bagi Bharada E, termasuk menghadirkan saksi yang meringankan.

"Rencananya kami ke depan akan mengajukan saksi yang meringankan, kemudian mengajukan saksi ahli bagi Bharada E," ujar Ronny Talapessy saat dihubungi detikcom, Jumat (12/8/2022).

Saksi meringankan itu di antaranya beberapa teman dekat Bharada E.

"Saksi untuk mendukung profil Bharada E ini, dan saksi ahli juga. Ahli pidana dan ahli psikologi," katanya.

Ronny mengungkapkan pihaknya berharap Bharada E mendapat keringanan hukuman. Sebab, Bharada E masih muda dan merupakan tulang punggung keluarga.

"Pertimbangannya masih muda, dia harapan keluarga. Masih jadi tumpuan keluarga dan juga bukan pelaku utama," katanya.

Ronny Talapessy mengaku mendapatkan kuasa dari Bharada E sejak tanggal 10 Agustus 2022 lalu. Ronny Talapessy juga menunjukkan surat kuasa yang ditandatangani oleh Bharada Richard Elliezer, kepada detikcom, namun ia meminta agar dokumen tersebut tidak dipublikasikan.

Ronny meminta kepada para pihak untuk tidak lagi membuat pernyataan mengatasnamakan Bharada E selain dari pihaknya selaku kuasa hukum yang sah. Ronny Talapessy juga meminta seluruh pihak tidak membuat spekulasi-spekulasi terkait kasus penembakan di rumah Irjen Ferdy Sambo.

"Kami mohon agar pihak-pihak yang sudah ini tidak bicara spekulatif lagi, apalagi bicara materi penyidikan, karena ini bahan pembelaan kami di pengadilan," tuturnya.

Lebih lanjut, sebagai kuasa hukum Bharada E, Ronny mengatakan pihaknya saat ini fokus mendampingi kliennya dan memastikan agar hak-hak kliennya sebagai tersangka terpenuhi. Sebagai tim pembela, Ronny menyatakan akan memberikan pembelaan bagi Bharada E agar mendapat keadilan yang seadil-adilnya.

"Kami akan kawal kasus Bharada E agar Bharada E mendapat keadilan yang seadil-adilnya. Bharada E adalah prajurit Polri yang berdedikasi , masih muda dan lulusan terbaik Tamtama Brimob di angkatannya," tuturnya.

Ronny menambahkan pihaknya menghargai kinerja penyidik yang bekerja cepat dan profesional dalam menangani perkara ini.

"Penyidik Timsus sudah bekerja cepat dan profesional," ucapnya.

Simak video 'Komnas HAM Sebut Tak Tega Bharada E Jadi Tumbal':

[Gambas:Video 20detik]



Baca di halaman selanjutnya: Bharada E cabut kuasa Deolipa Yumara sebagai pengacara.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT