ADVERTISEMENT

Sidang Tahunan MPR Digelar 16 Agustus, Peserta Bakal Hadir Fisik 100%

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 11:32 WIB
Kompleks Parlemen melakukan berbagai persiapan jelang Sidang Tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan Presiden. Apa saja persiapan yang dilakukan?
Ilustrasi Gedung MPR (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta -

Sidang tahunan MPR, DPR dan DPD bakal digelar 16 Agustus. Rencananya, seluruh anggota MPR hingga tamu undangan akan hadir 100 persen.

"Secara keseluruhan sih persiapan kita sudah sekitar 85 persen sudah siap karena tahun ini walaupun kita masih di masa pandemi yang ada, tapi kehadiran itu 100 persen jadi yang kami cermati adalah prosedurnya," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Indra menjelaskan sidang tahunan kali ini akan dihadiri oleh 575 anggota DPR, 134 anggota DPD, dan 103 duta besar. Tak hanya itu, para mantan presiden hingga para ketua umum partai politik. Sidang tahunan bakal digelar dengan kehadiran fisik 100 persen meski masih pandemi Corona.

"Jadi undangan ini akan dihadiri oleh 575 anggota DPR, 134 anggota DPD, 103 duta besar kemudian dihadiri juga Kabinet Indonesia Bersatu, dan undangan undangan para mantan presiden dan juga ketua ketua parpol," jelas Indra.

Indra menyebut pihaknya tetap memperketat prosedur kesehatan demi lancarnya sidang tahunan. Para tamu undangan diwajibkan melakukan tes swab PCR sebelum mengikuti sidang tahunan.

"Tentu ini karena masa pertama kali dihadiri 100 persen anggota juga 103 duta besar, maka kita akan menegaskan soal prosedur kesehatan sebenarnya itu aja," ujar Indra.

"Semua yang hadir di ruangan itu wajib melakukan swab PCR 2x24 jam maksimal," tambahnya.

Selain diwajibkan tes swab PCR, para tamu undangan juga diwajibkan menggunakan tanda pengenal saat jalannya sidang. Indra mengatakan hal itu dilakukan sesuai dengan prosedur acara kenegaraan.

"Saya kira nggak ada ya, kita cuma tes PCR, jadi semua nanti cuma kita ingatkan untuk wajib menggunakan tanda pengenal anggota untuk identifikasi, jadi ini agar tertib, jadi suasananya kita selebihnya sesuai prosedur acara kenegaraan ya," ucapnya.

Tahun lalu, sidang tahunan MPR juga digelar pada 16 Agustus. Namun, kehadiran peserta secara fisik dibatasi hanya 57 orang.

Lihat juga video 'Gelar Rapat Penutupan Masa Sidang DPR, 274 Anggota Dewan Absen':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT