ADVERTISEMENT

Melihat Persiapan di DPR Jelang Sidang Tahunan 2022, Sudah 85%

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 11:03 WIB
Persiapan di DPR jelang sidang tahunan 2022 per 12 Agustus. (Nahda Rizki Utami/detikcom).
Foto: Persiapan di DPR jelang sidang tahunan 2022 per 12 Agustus. (Nahda Rizki Utami/detikcom).
Jakarta -

Sidang tahunan MPR-DPR-DPD akan digelar pada 16 Agustus mendatang sekaligus pembukaan masa sidang 2022-2023 dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pidato kenegaraan. Seperti apa persiapannya sejauh ini?

Pantauan detikcom, Jumat (12/8/2022), persiapan terus dilakukan di gedung DPR, Senayan, Jakarta. Nuansa merah dan putih mulai mempercantik gedung DPR.

Sejumlah pekerja sedang membersihkan gedung kura-kura DPR/MPR. Ruang rapat paripurna I yang akan menjadi tempat sidang tahunan juga dipercantik dengan nuansa merah dan putih.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar, mengatakan persiapan sejauh ini sudah berjalan 85 persen. Dia menjelaskan seluruh ornamen yang disiapkan untuk sidang tahunan dipaparkan secara tidak berlebihan dan sederhana.

"Secara keseluruhan sih persiapan kita sudah sekitar 85 persen sudah siap," kata Indra kepada wartawan.

"Walaupun ini adalah acara kenegaraan semua ornamen itu dipaparkan dalam suasana kesederhanaan tidak berlebihan. Semua dipaparkan sangat sederhana untuk menunjukkan walaupun kita merayakan kemerdekaan, tapi kita juga mengingatkan kita tidak boleh berlebihan," sambungnya.

Persiapan di DPR jelang sidang tahunan 2022 per 12 Agustus. (Nahda Rizki Utami/detikcom).Persiapan di DPR jelang sidang tahunan 2022 per 12 Agustus. (Nahda Rizki Utami/detikcom).

Sidang tahunan kali ini akan dihadiri oleh 575 anggota DPR, 134 anggota DPD, dan 103 duta besar. Tak hanya itu, para mantan presiden dan ketua umum partai politik juga akan hadir pada sidang tahunan MPR-DPR-DPD 16 Agustus nanti.

"Jadi undangan ini akan dihadiri oleh 575 anggota DPR, 134 anggota DPD, 103 duta besar kemudian dihadiri juga Kabinet Indonesia Bersatu, dan undangan undangan para mantan presiden dan juga ketua ketua parpol," ujarnya.

Lebih lanjut, Indra menyebutkan sidang tahunan kali ini akan dihadiri dengan kapasitas 100 persen anggota. Pihaknya juga tetap memperketat prosedur kesehatan demi kelancaran jalannya sidang.

"Tentu ini karena masa pertama kali dihadiri 100 persen anggota juga 103 duta besar, maka kita akan menegaskan soal prosedur kesehatan sebenarnya itu aja," imbuh Indra.

Lihat juga video 'Menakar Pertahanan Ekonomi RI Melawan Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT