Urutan Upacara 17 Agustus 2022 dan Pedomannya

ADVERTISEMENT

Urutan Upacara 17 Agustus 2022 dan Pedomannya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 15:52 WIB
Urutan Upacara 17 Agustus 2022 dan Pedomannya
Urutan Upacara 17 Agustus 2022 dan Pedomannya | Foto: SETPRES/Muchlis Jr
Jakarta -

Urutan upacara 17 Agustus dan pedomannya perlu diketahui. Upacara 17 Agustus dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara 17 Agustus tentunya memiliki pedoman pelaksanaannya mulai dari di tingkat pusat, di daerah dan di luar negeri.

Simak informasi berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang urutan upacara 17 Agustus dan pedoman pelaksanaannya.

Pedoman Pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2022 HUT RI ke 77

Sebelum membahas tentang urutan upacara 17 Agustus, perlu diketahui terlebih dahulu pedoman pelaksanaan upacara 17 Agustus 2022 dalam rangka peringatan HUT RI ke 77. Pedoman pelaksanaan upacara 17 Agustus 2022 telah dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara RI.

Pedoman pelaksanaan upacara 17 Agustus 2022 atur sebagaimana dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022. Dalam surat edaran tersebut juga memuat informasi tentang urutan upacara 17 Agustus.

Penyelenggaraan upacara 17 Agustus peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 diatur mulai dari pelaksanaan upacara 17 Agustus di tingkat pusat yakni di Istana Merdeka, di tingkat daerah, hingga di luar negeri. Berikut penjelasannya.

Urutan Upacara 17 Agustus 2022 dan PedomannyaUrutan Upacara 17 Agustus 2022 dan Pedomannya | Foto: SETPRES/KRIS

Urutan Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka dan Pedomannya

Dalam rangka Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 tanggal 17 Agustus 2022, pemerintah mengadakan berbagai kegiatan termasuk puncak kegiatannya adalah upacara 17 Agustus di Istana Merdeka. Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka itu diselenggarakan secara langsung di halaman Istana Merdeka dan secara daring melalui video conference.

Berikut urutan upacara 17 Agustus di Istana Merdeka yang dilaksanakan pada Rabu, 17 Austus 2022, antara lain:

  1. Kirab Bendera Pusaka dari Monumen Nasional ke Halaman Istana Merdeka: pukul 08.00 WIB di Silang Monas, di halaman Istana Merdeka dan secara daring.
  2. Pertunjukan Kesenian: pukul 08.00 di halaman Istana Merdeka dan secara daring.
  3. Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI: pukul 10.00 di halaman Istana Merdeka dan secara daring.
  4. Pertunjukan Kesenian: pukul 15.45 di halaman Istana Merdeka dan secara daring.
  5. Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih: pukul 17.00 di halaman Istana Merdeka dan secara daring.

Pedoman penyelenggaraan upacara 17 Agustus di Istana Merdeka:

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di Halaman Istana Merdeka Jakarta secara luring dan daring, dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Upacara dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
  2. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bertugas dengan formasi lengkap.
  3. Upacara dihadiri oleh Presiden RI (selaku Inspektur Upacara), Wakil Presiden RI dan petugas upacara sebagai berikut: Ketua DPD RI (selaku Pembaca Teks Proklamasi), serta Menteri Agama (selaku Pembaca Doa).
  4. Tamu undangan upacara secara luring terdiri dari Pimpinan Lembaga Negara, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, dan Kapolri, serta Para Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh negara-negara sahabat di Jakarta, dan tamu undangan lainnya, serta masyarakat.
  5. Peserta upacara secara daring terdiri dari segenap masyarakat yang telah mendaftar melalui laman situs https://www.pandang.istanapresiden.go.id.
  6. Pakaian yang dikenakan saat upacara yaitu Pakaian Nasional (Adat Daerah).

Bagi Sekretariat Lembaga Negara/Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian/Lembaga Non Struktural, Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 dilaksanakan secara luring dan/atau daring di kantor masing-masing mulai pukul 07.00 WIB (sebelum pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka Jakarta), dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Urutan Upacara 17 Agustus di Tingkat Daerah dan Pedomannya

Upacara 17 Agustus Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 di tingkat daerah dapat dilaksanakan baik secara luring dan/ atau secara daring. Adapun pedoman pelaksanaannya dengan mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  1. Upacara dilaksanakan pada lokasi yang ditentukan oleh Kepala Daerah/ Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, mulai pukul 07.00 waktu setempat (sebelum pelaksanaan upacara di Halaman Istana Merdeka Jakarta), dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
  2. Kantor Perwakilan/ Lembaga yang berada di daerah mengikuti upacara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota setempat.
  3. Kepala Daerah/ Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) wajib mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang dilaksanakan di Halaman lstana Merdeka Jakarta secara daring dari kantor masing-masing.

Urutan Upacara 17 Agustus di Luar Negeri dan Pedomannya

Penyelenggaraan upacara 17 Agustus Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 di luar negeri dapat dilaksanakan baik secara luring dan/ atau secara daring di Kantor Perwakilan RI di luar negeri.

Pedoman pelaksanaan upacara 17 Agustus di luar negeri dapat menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 di tiap negara dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Demikian informasi seputar urutan upacara 17 Agustus 2022 dan pedomannya. Semoga bermanfaat.

Simak juga 'Warga Sidrap Gelar Pacuan Kuda untuk Sambut HUT RI Ke-77':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT