ADVERTISEMENT

dr Soeharto, Dokter Pribadi Sukarno yang Diusulkan Megawati Jadi Pahlawan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 14:39 WIB
Dr R Soeharto, dokter pribadi Bung Karno asal Tegalgondo Klaten.
Dokter Soeharto (Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)
Jakarta -

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mengusulkan agar dr Soeharto menjadi pahlawan nasional. dr Soeharto dikenal sebagai salah satu dokter pribadi ayah Megawati, Sukarno.

Dikutip dari laman Pemprov Jateng, dr Soeharto memiliki nama lengkap Soeharto Sastrosoeyoso. Ia lahir di Tegalgondo, Solo, Jawa Tengah, pada 24 Desember 1908.

Selama hidupnya, dr Seoharto antara lain dikenal sebagai dokter pribadi Bung Karno dan Bung Hatta sejak 1942. Selama tugasnya, dr Soeharto selalu menemani Bung Karno berkeliling ke seluruh dunia. Ia juga pernah menjabat Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan Kepala Bappenas di Kabinet Soekarno.

Tercatat, ia juga merupakan salah satu pendiri bank pertama di Indonesia, yaitu Bank Negara Indonesia (BNI), sekaligus turut andil dalam pembangunan kawasan Sarinah Thamrin Jakarta, dan Hotel Indonesia. Pada awal kemerdekaan, dr Soeharto juga berperan sebagai bendahara yang mengelola dana penyelenggaraan pemerintahan, karena pada masa itu lembaga-lembaga negara belum sepenuhnya fungsional.

Pada 1950, dr Soeharto tercatat menjadi salah satu penggagas berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ia juga pelopor yang menginisiasi program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia. Selanjutnya dalam perkembangan program KB itu, muncul Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) pada 1957, dan dr Soeharto didapuk menjadi ketua pertama PKBI. Ia meninggal dunia pada tahun 2000.

Apa pandangan Megawati? Baca halaman selanjutnya.

Simak juga 'Megawati Curhat Mabuk saat Hamil Puan, Minta Ibu-ibu Jangan Cengeng':

[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT