Sosok Ratu Kalinyamat yang Diusulkan Megawati Jadi Pahlawan Nasional

ADVERTISEMENT

Sosok Ratu Kalinyamat yang Diusulkan Megawati Jadi Pahlawan Nasional

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 13:59 WIB
Makam Ratu Kalinyamat di kompleks Masjid Mantingan di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan, Jepara, Kamis (27/8/2020).
Makam Ratu Kalinyamat di kompleks Masjid Mantingan di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara, Kamis (27/8/2020).(Dian Utoro Aji/detikcom)

Megawati Setuju Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya, Megawati menyebut Ratu Kalinyamat berhak mendapat julukan pahlawan nasional. Hal itu diungkapkan Megawati saat menjadi pembicara kunci Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara yang digelar TNI Angkatan Laut, di geladak KRI Dewaruci, Jakarta. Megawati menekankan usulan itu bukan karena dirinya subjektif terhadap perempuan.

"Saya setuju banget nama beliau dijadikan pahlawan. Ini kembali bukan karena saya subjektif sama perempuan. Enggak loh saya kan pernah tahu sebagai presiden untuk menjadikan seorang pahlawan itu tidak gampang," kata Megawati seperti dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (11/8/2022).

Ratu Kalinyamat, dalam catatan Portugis, yakni 'rainha de Japara, senhora poderosa e rica, de kranige Dame', yang berarti 'Ratu Jepara seorang wanita yang kaya dan berkuasa, seorang perempuan pemberani'. Megawati mengaku heran negara penjajah mengakui Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan, tapi negara sendiri belum melakukannya.

"Coba bayangkan, duh orang penjajah mengakui kok kitanya sendiri ya ndak. Jadi saya setuju banget," kata Megawati.


(rdp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT