Komnas HAM Tunggu Kabar Timsus soal Jadwal Ulang Periksa Ferdy Sambo

ADVERTISEMENT

Komnas HAM Tunggu Kabar Timsus soal Jadwal Ulang Periksa Ferdy Sambo

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 12:20 WIB
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam (YouTube Komnas HAM)
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam (YouTube Komnas HAM)
Jakarta -

Pemeriksaan Irjen Ferdy Sambo oleh Komnas HAM hari ini batal dilakukan. Hal itu lantaran timsus masih melakukan pendalaman terhadap Ferdy Sambo.

"Barusan saja kurang lebih 20 menit yang lalu kami dikonfirmasi oleh Pak Komjen Agung sebagai ketua tim, beliau mengabarkan kepada kami bahwa hari ini belum bisa Pak Ferdy Sambo untuk memberikan keterangan kepada Komnas HAM, alasannya adalah teman-teman penyidik sedang mendalami Pak Ferdy Sambo," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2022).

Anam belum dapat memastikan kapan penjadwalan ulang pemeriksaan Ferdy Sambo dilakukan. Dia menyebut pihaknya masih berkoordinasi dengan timsus Mabes Polri.

"Terkait waktunya belum ada waktu karena memang beliau bilang penyidik sedang melakukan proses pendalaman, ketika proses pendalaman begitu, ya, waktunya tergantung pendalaman apa yang mereka dapat. Makanya kami nggak nanya, kami cuman minta supaya kalau sudah, mohon kami dikabari sehingga kami bisa melakukan proses terhadap Ferdy Sambo," katanya.

Anam juga mengatakan pihaknya belum dapat memastikan lokasi pemeriksaan Ferdy Sambo. Komnas HAM hanya diberi konfirmasi terkait pembatalan jadwal pemeriksaan Ferdy Sambo hari ini.

"Kalau soal lokasi belum ada pembicaraan, cuman tadi kami dikonfirmasi terkait bahwa hari ini belum bisa, Komnas HAM belum diberi kesempatan untuk memeriksa Ferdy Sambo," katanya.

Sementara itu, untuk pemeriksaan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Anam mengatakan belum ada kabar terbaru. Namun dia menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan tim kuasa hukum dan psikolog istri Ferdy Sambo.

"Kalau soal untuk Putri belum ada komunikasi, belum ada update," tuturnya.

Sebelumnya, tim khusus (timsus) Polri kembali memeriksa Irjen Ferdy Sambo terkait kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J hari ini. Sambo akan diperiksa di Mako Brimob, Kelapa Dua, Kota Depok.

"Hari ini, penyidik timsus melakukan pemeriksaan terhadap Irjen FS sebagai tersangka di Mako Brimob," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu (11/8).

Timsus akan berkoordinasi dengan Komnas HAM terkait pemeriksaan terhadap Sambo. Sebab, hari ini Komnas HAM juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Sambo.

"Kemudian untuk Komnas HAM, karena hari ini ada pemeriksaan Irjen FS sebagai tersangka, maka fokus tim khusus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sehingga Irjen FS belum bisa diperiksa Komnas HAM, karena pemeriksaan tim khusus Polri sifatnya pro justitia," tutup Dedi.

Simak video 'Komnas HAM Temukan Indikasi Pelanggaran HAM di Kasus Brigadir J':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT