ADVERTISEMENT

Timsus Polri Periksa Kuat Ma'ruf Terkait Penembakan Brigadir J Hari Ini

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 11:30 WIB
Sopir Sambo, Kuwat Maruf (KM) juga menjadi tersangka dalam kasus ini. Tersangka KM adalah juga turut dalam membantu dan menyaksikan penembakan terhadap korban. (dok. Istimewa)
Foto: Kuat Ma'ruf (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Penyidik tim khusus (timsus) Polri melakukan pemeriksaan terhadap sopir istri Irjen Ferdy Sambo, Kuat Ma'ruf, terkait kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J hari ini. Kuat Ma'ruf akan diperiksa kedua kalinya sebagai tersangka.

"Pemeriksaan kedua dilakukan kepada KM sebagai tersangka di Bareskrim," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Kamis (11/8/2022).

Selain Kuat, pihak Inspektorat Khusus (Irsus) Polri juga melakukan pemeriksaan terhadap satu orang penyidik yang bertugas di Polda Metro Jaya hari ini. Pemeriksaan dilakukan di gedung Mabes Polri pada pukul 10.00 WIB.

"Sedangkan Irsus, agendanya pada hari ini melakukan pemeriksaan kepada satu orang penyidik Polda Metro Jaya, jam 10.00 WIB di Mabes Polri," jelas Dedi.

Sementara itu, Dedi belum dapat menyebutkan siapa penyidik dari Polda Metro Jaya yang diperiksa pihak Irsus Polri. Dia mengatakan sampai saat ini pemeriksaan masih terus dilakukan.

"Belum bisa dibuka karena masih diperiksa dulu," ujar Dedi.

Sebagai informasi, sopir istri Irjen Ferdy Sambo berinisial KM adalah salah satu tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Inisial KM adalah Kuat Ma'ruf. Kuat Ma'ruf disebut berperan membantu dan menyaksikan penembakan Brigadir J.

Pengumuman tersangka kasus pembunuhan Brigadir J disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022). Ada empat orang tersangka di kasus itu, termasuk Ferdy Sambo, yang disebut menjadi dalang penembakan dan merekayasa kasus tersebut.

"Timsus menetapkan Saudara FS sebagai tersangka," kata Sigit di Mabes Polri.

Selain Ferdy Sambo dan Kuat Ma'ruf, Bharada E atau Richard Eliezer dan Brigadir RR atau Brigadir Ricky Rizal juga menjadi tersangka. Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyebutkan para tersangka dijerat Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan 56 KUHP.

"Penyidik menerapkan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55-56 KUHP," ujar Agus.

Diketahui, Irjen Ferdy Sambo adalah mastermind kasus pembunuhan Brigadir J. Sambolah yang telah menyuruh untuk melakukan dan menskenariokan pembunuhan itu. Berikut pemaparan peran keempat tersangka kasus Brigadir J berdasarkan keterangan yang telah dijelaskan oleh Komjen Agus, antara lain:

1. Peran Bharada RE (Richard Eliezer) adalah telah melakukan penembakan terhadap korban yakni Brigadir J.
2. Peran Bripka RR (Ricky Rizal) adalah turut membantu dan menyaksikan insiden penembakan korban.
3. Tersangka KM (Kuat Ma'ruf) adalah juga turut dalam membantu dan menyaksikan penembakan terhadap korban.
4. Peran Irjen Ferdy Sambo adalah telah menyuruh melakukan dan menskenario kejadian-kejadian dalam kasus tersebut seolah-olah terjadi peristiwa tembak-menembak.

Simak video 'Mereka yang Teperdaya Alur Cerita Ferdy Sambo Cs':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT