Bharada E Ubah BAP, Komnas HAM Akan Periksa Ulang Para Ajudan Ferdy Sambo

ADVERTISEMENT

Bharada E Ubah BAP, Komnas HAM Akan Periksa Ulang Para Ajudan Ferdy Sambo

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 21:17 WIB
Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik,
Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengaku tak terkejut atas perubahan kesaksian atau berita acara pemeriksaan (BAP) mantan ajudan Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer (Bharada E), di kasus kematian Brigadir J. Taufan mengatakan pihaknya juga tak kaget atas penetapan tersangka terhadap Brigadir Ricky Rizal (RR), ajudan Ferdy Sambo lainnya.

"Sebagaimana saya sampaikan sejak awal, semua yang disampaikan saksi yang kami mintai keterangan, akan kami uji dengan info dan data lain. Jadi kami tidak terkejut dengan perubahan pengakuan Bharada E (yang berubah) maupun info tentang posisi Ricky," kata Taufan saat dihubungi pada Rabu (10/8/2022).

Menyikapi perkembangan kasus tersebut di Bareskrim Polri, Taufan mengaku Komnas HAM berencana memeriksa ulang para ajudan Irjen Ferdy Sambo. Taufan menjelaskan tujuannya mengetahui kebenaran dari rangkaian peristiwa yang ada.

"Kami akan meminta lagi keterangan ke mereka (ajudan Ferdy Sambo) untuk pendalaman hal ini dan yang lainnya," jelasnya.

Pengakuan Brigadir Ricky Sembunyi di Balik Kulkas

Berdasarkan keterangan Brigadir Ricky kepada Komnas HAM, dirinya turut berada di lokasi kejadian saat Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J tewas. Keterangan awal kepolisian, Brigadir J tewas setelah terlibat baku tembak dengan Bharada E.

Setidaknya ada lima orang yang ada di TKP saat Brigadir J tewas. Selain Brigadir J dan Bharada E, disebutkan ada Putri Candrawathi (istri Ferdy Sambo), Bripka Ricky (ajudan), dan S (asisten rumah tangga).

Saat dimintai keterangan oleh Komnas HAM, Ricky mengaku menyaksikan aksi baku tembak Brigadir J dan Bhadara E. Tetapi dia tidak tahu persis siapa orang yang sedang adu tembak dengan Yoshua.

Saat itu Ricky mengaku mendengar istri Ferdy Sambo teriak-teriak meminta tolong dengan memanggil namanya dan Bharada E. Ricky, yang saat itu berada satu lantai dengan istri Sambo, berlari menuju ruang utama lokasi istri Sambo berteriak.

Ricky melihat Yoshua atau Brigadir J sedang mengacungkan senjata ke arah tangga, tapi dia tidak melihat siapa sosok yang berada di tangga dan sedang dibidik Brigadir J. Saat Brigadir J melepaskan beberapa tembakan ke atas, Ricky langsung bersembunyi di balik kulkas.

Simak Video 'Kata Kompolnas soal Irjen Ferdy Sambo Punya 8 Ajudan':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT