ADVERTISEMENT

Apa Itu Propam? Sejarah, Tugas dan Kewajiban Propam

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 18:31 WIB
Logo Propam
Apa Itu Propam? Sejarah, Tugas dan Kewajiban Propam (Logo Propam / Foto: propam.ntb.polri.go.id)
Jakarta -

Apa itu Propam? Propam adalah salah satu divisi di Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Propam, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu Propam? Ini Pengertian Propam

Propam adalah singkatan dari Profesi dan Pengamanan. Dilansir dari situs resmi Propam Polda Riau, pengertian Propam adalah suatu organisasi Polri yang berada pada struktur organisasi Polri tingkat pusat atau struktur organisasi Mabes Polri.

Propam adalah salah satu unit organisasi Polri berbentuk Divisi yang bertanggung-jawab kepada masalah pembinaan profesi dan pengamanan di lingkungan internal organisasi Polri. Divisi Propam Polri sebagai salah satu unsur pelaksana staf khusus Polri di tingkat Markas Besar dipimpin oleh seorang Kepala Divisi yang dikenal sebutan Kadiv dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi / Irjen Pol atau Bintang Dua.

Dalam struktur organisasi Polri, dikutip dari laman resmi Polri, Div Propam yang berada di bawah Kapolri itu termasuk dalam Unsur Pengawas dan Pembantu Pimpinan. Selain Div Propam, ada juga Div KUM, Div Humas, Div Hubinter, dan Div TIK.

Bagan Struktur Organisasi Mabes PolriBagan Struktur Organisasi Mabes Polri, Propam di bawah Kapolri | Foto: polri.go.id

Apa itu Propam? Begini Sejarah Propam

Sejarah Propam yang dikutip dari laman Propam Riau, disebutkan bahwa sejarah Propam dibentuk pada tanggal 27 Oktober 2022 yakni sejak Polri dikeluarkan dari status ABRI untuk dikembalikan sebagai Polisi civil. Hal itu ditetapkan dengan Keputusan Kapolri No.Pol : Kep/53/X/2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Polri.

Sebelumnya, Propam dikenal dengan sebutan Dinas Provos atau Satuan Provos Polri yang organisasinya masih bersatu dengan TNI atau Militer sebagai ABRI, dimana Provost POLRI merupakan satuan fungsi pembinaan dari Polisi Organisasi Militer (POM) atau istilah Polisi Militer (PM).

Apa itu Propam dan Tugasnya? Simak di Sini

Secara umum, tugas Propam Polri adalah dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pembina dan menyelenggarakan fungsi pertanggungjawaban profesi dan pengamanan internal termasuk penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Polri.
  2. Pelayanan pengaduan masyarakat tentang adanya penyimpangan tindakan anggota atau PNS Polri.

Menurut struktur organisasi Polri dan tata cara kerjanya, Propam dalam menjalankan tugasnya terdiri dari 3 bidang atau wadah fungsi dalam bentuk sub organisasi disebut Biro (Biro Paminal, Biro Wabprof dan Biro Provos). Berikut penjelasannya:

  1. Biro Paminal: bertanggungjawab atas fungsi pengamanan di lingkungan internal organisasi Polri.
  2. Biro Wabprof: bertanggungjawab atas fungsi pertanggungjawaban profesi diwadahi.
  3. Biro Provos: bertanggungjawab atas fungsi penegakan disiplin dan ketertiban di lingkungan Polri.

Apa itu Propam? Berikut Kewajiban Propam

Dalam pelaksanaan tugasnya, Div Propam mempunyai kewajiban melaksanakan atau menyelenggarakan berbagai kegiatan, antara lain sebagai berikut:

  1. Pembinaan fungsi Propam bagi seluruh jajaran Polri.
  2. Pelaksanaan registrasi penelitian terhadap proses penanganan kasus dan menyiapkan proses/ keputusan rehabilitasi bagi anggota/ PNS Polri yang tidak terbukti melakukan pelanggaran, atau pengampunan/ pengurangan hukuman (disiplin/administrasi) serta memantau, membantu proses pelaksanaan hukuman dan menyiapkan keputusan pengakhiran hukuman bagi personil yang sedang/telah melaksanakan hukuman (terpidana).
  3. Pembinaan dan penyelenggaraan fungsi pertanggungjawaban profesi yang meliputi perumusan/pengembangan standar dan kode etik profesi, penilaian/ akreditasi penerapan standar profesi, serta pembinaan dan penegakan etika profesi termasuk audit investigasi.
  4. Pembinaan dan penyelenggaraan fungsi pengamanan internal, yang meliputi: pengamanan personil, materiil, kegiatan dan bahan keterangan, termasuk penyelidikan terhadap kasus pelanggaran/ dugaan pelanggaran/ penyimpangan dalam pelaksanaan tugas Polri pada tingkat pusat dalam batas kewenangan yang ditetapkan.
  5. Pembinaan dan penyelenggaraan fungsi provos yang meliputi pembinaan/ pemeliharaan disiplin/ tata tertib, serta penegakan hukum dan penyelesaian perkara pelanggaran disiplin pada tingkat pusat dalam batas kewenangan yang ditetapkan.

Demikian informasi tentang apa itu Propam. Kepanjangan dari Propam adalah Profesi dan Pengamanan yang merupakan satu unit organisasi Polri di tingkat Mabes.

Simak juga 'Perjalanan Karier Irjen Sambo, Dulu Cemerlang Kini Masuk Jurang':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT