15 Twibbon Hari Pramuka 2022, Cek Link Downloadnya di Sini

ADVERTISEMENT

15 Twibbon Hari Pramuka 2022, Cek Link Downloadnya di Sini

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 21:41 WIB
Twibbon Hari Pramuka 2022 sudah bisa diunduh agar bisa dipakai saat peringatannya nanti. Setiap tahun, Hari Pramuka diperingati pada tanggal 14 Agustus.
15 Twibbon Hari Pramuka 2022, Cek Link Downloadnya di Sini (Foto: dok. Kwarnas Pramuka Indonesia)
Jakarta -

Twibbon Hari Pramuka 2022 sudah bisa diunduh agar bisa dipakai saat peringatannya nanti. Setiap tahun, Hari Pramuka diperingati pada tanggal 14 Agustus. Tahun ini, Hari Pramuka jatuh pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Twibbon biasanya digunakan untuk memeriahkan peringatan hari besar, baik hari nasional maupun internasional. Berikut ini daftar twibbon Hari Pramuka 2022.

Daftar Link Twibbon Hari Pramuka 2022

Dilansir situs Twibbonize, terlampir berbagai link download Twibbon Hari Pramuka 2022. Perlu diketahui, Hari Pramuka 2022 adalah perayaan HUT Pramuka ke-61. Kelimabelas link twibbon Hari Pramuka 2022 dapat dilihat di sini.

Twibbon Hari Pramuka 2022 sudah bisa diunduh agar bisa dipakai saat peringatannya nanti. Setiap tahun, Hari Pramuka diperingati pada tanggal 14 Agustus.Contoh twibbon Hari Pramuka 2022. (Foto: twibbonize.com)

Sejarah Pramuka Indonesia

Dilansir laman resmi Kemdikbud, pramuka di Indonesia ternyata sudah ada sejak masa pemerintahan Belanda. Pada tahun 1912, pemerintah Belanda membawa cabang gerakan kepanduan ke Indonesia yang disebut Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO).

Kemudian, pada tahun 1916, gerakan tersebut berubah nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereeniging (NIVP). Di tahun yang sama, muncul gerakan kepanduan pertama kali di Indonesia oleh Mangkunegara VII di Surakarta dengan nama Javaansche Padvinders Organisatie.

Semakin lama, semakin banyak gerakan kepanduan di lingkup nasional. Hal itu membuat pemerintah Belanda khawatir, lalu melarang seluruh gerakan kepanduan bumiputera menggunakan istilah padvinder. OIeh karena itu, K. H. Agus Salim mulai memperkenalkan istilah "pandu" atau "kepanduan" bagi organisasi kepramukaan di Tanah Air.

Asal-usul Organisasi Pramuka di Indonesia

Organisasi resmi Pramuka di Indonesia berdiri setelah masa kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 9 Maret 1961. Presiden Soekarno mengumpulkan tokoh-tokoh dan gerakan kepramukaan Indonesia untuk menyatukan seluruh gerakan kepanduan untuk dijadikan satu kesatuan organisasi yang kuat.

Pada tanggal 14 Agustus 1961, diselenggarakan MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang diketuai oleh Presiden Soekarno, wakil ketua I Sultan Hamengkubuwono IX dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh untuk meresmikan gerakan Pramuka di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Sultan Hamengkubuwono IX memperkenalkan istilah Pramuka. Istilah tersebut berasal dari kata poromoko yang artinya pasukan terdepan dalam perang. Kemudian, kata Pramuka dikembangkan menjadi Praja Muda Karana yang artinya "jiwa muda yang gemar berkarya".

Peresmian Gerakan Pramuka Indonesia itu ditandai dengan penyerahan panji-panji Pramuka oleh Presiden Soekarno kepada tokoh-tokoh Pramuka. Acara ini juga dihadiri oleh ribuan anggota Pramuka untuk memperkenalkan gerakan Pramuka kepada masyarakat.

Demikian daftar link twibbon Hari Pramuka 2022 beserta informasi sejarah peringatannya. Semoga bermanfaat!

Simak juga 'Jokowi: Pramuka Indonesia Harus Jadi Pelopor Kedisiplinan Prokes':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT