ADVERTISEMENT

Sejarah Lahirnya Pramuka di Indonesia, Simak Awal Mulanya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 14:08 WIB
Sejarah Lahirnya Pramuka: Awal Mula Gerakan Pramuka Indonesia
Sejarah Lahirnya Pramuka: Awal Mula Gerakan Pramuka Indonesia | Foto: Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia
Jakarta -

Sejarah lahirnya Pramuka di Indonesia perlu diketahui. Sejarah lahirnya Pramuka atau gerakan kepanduan ternyata sudah ada sejak sebelum masa kemerdekaan Indonesia. Mungkin masih ada sebagian yang belum mengetahui sejarahnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah lahirnya Pramuka di Indonesia, simak informasinya berikut ini.

Sejarah Lahirnya Pramuka: Awal Gerakan Kepanduan di Indonesia

Dilansir dari laman resmi Kemdikbud, sejarah lahirnya pramuka di Indonesia ternyata ditandai dengan sudah ada gerakan kepanduan di Indonesia sejak sebelum masa kemerdekaan, yakni di masa pemerintahan Belanda.

Pada tahun 1912, pemerintah Belanda membawa cabang gerakan kepanduan ke Indonesia yang disebut Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO). Kemudian, pada tahun 1916, gerakan tersebut berubah nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereeniging (NIVP).

Di tahun yang sama, muncul gerakan kepanduan pertama kali di Indonesia yang diprakarsai oleh Mangkunegara VII di Surakarta dengan nama Javaansche Padvinders Organisatie. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan kepanduan lainnya yang dikelola organisasi-organisasi pergerakan nasional. Beberapa di antaranya antara lain yaitu:

  • Hizbul Wathan milik Muhammadiyah
  • Nationale Padvinderij milik Boedi Oetomo
  • Sarekat Islam Afdeling Padvinderij milik Sarekat Islam
  • Nationale Islamietische Padvinderij milik Jong Islamieten Bond
  • dan lain-lain.

Pada tahun 1923, mulai terjadi pemersatuan gerakan-gerakan kepanduan tersebut. Awal mula gerakan kepanduan dalam lingkup nasional ditandai dengan berdirinya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung serta Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Batavia. Kemudian pada tahun 1936, kedua gerakan itu melebur menjadi satu, dengan nama Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO).

Semakin lama, gerakan kepanduan di lingkup nasional itu semakin populer dan membuat pemerintah Belanda khawatir, lalu melarang seluruh gerakan kepanduan bumiputera menggunakan istilah padvinder. OIeh karena itu, K. H. Agus Salim mulai memperkenalkan istilah "pandu" atau "kepanduan" bagi organisasi kepramukaan di Tanah Air.

Dalam perjalanannya, organisasi kepanduan yang mulanya berjumlah ratusan dibagi menjadi beberapa federasi. Lantaran diketahui terdapatnya kelemahan dari beberapa federasi tersebut, maka dibentuklah Persatuan Kepanduan Indonesia atau PERKINDO. Meski demikian, masih terdapat terkendala karena kurangnya kekompakan antara anggota di dalamnya.

Sejarah Lahirnya Pramuka: Awal Mula Gerakan Pramuka IndonesiaSejarah Lahirnya Pramuka: Awal Mula Gerakan Pramuka Indonesia | Foto: dok. Kwarnas Pramuka Indonesia

Sejarah Lahirnya Pramuka: Kelahiran Gerakan Pramuka di Indonesia

Sejarah lahirnya Pramuka di Indonesia setelah masa kemerdekaan bermula pada tanggal 9 Maret 1961. Presiden Soekarno mengumpulkan tokoh-tokoh dan gerakan kepramukaan Indonesia untuk menyatukan seluruh gerakan kepanduan yang ada untuk dijadikan satu kesatuan organisasi yang kuat.

Pada tanggal 14 Agustus 1961 diselenggarakan MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang diketuai oleh Presiden Soekarno, wakil ketua I Sultan Hamengkubuwono IX dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh untuk meresmikan gerakan Pramuka di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, istilah Pramula juga mulai diperkenalkan oleh Sultan Hamengkubuwono IX. Istilah Pramuka berasal dari kata poromoko yang artinya pasukan terdepan dalam perang. Namun, kata Pramuka dimanifestasikan menjadi Praja Muda Karana yang artinya "jiwa muda yang gemar berkarya".

Peresmian Gerakan Pramuka Indonesia itu ditandai dengan penyerahan panji-panji Pramuka oleh Presiden Soekarno kepada tokoh-tokoh Pramuka. Acara ini juga dihadiri oleh ribuan anggota Pramuka untuk memperkenalkan gerakan Pramuka kepada masyarakat.

Peristiwa sejarah lahirnya Pramuka di Indonesia itu dikenal dengan nama Hari Lahir Pramuka atau Hari Pramuka Nasional. Hingga kini, Hari Pramuka Nasional diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Demikian informasi seputar sejarah lahirnya Pramuka di Indonesia. Semoga bermanfaat.

(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT