ADVERTISEMENT

Program KTP-KIA Drive Thru Pemkot Tangerang Sudah Layani 1.771 Dokumen

Arief Budiman - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 12:05 WIB
Layanan KTP drive thru Pemkot Tangerang.
Foto: dok. Pemkot Tangerang
Jakarta -

Semenjak diperkenalkan layanan pengambilan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) drive thru oleh Pemerintah Kota Tangerang, warga Kota Tangerang sekarang tidak perlu susah-susah lagi jika ingin mengambil dokumen kependudukan. Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan program ini cukup diapresiasi dan minati oleh masyarakat.

Pasalnya, sejak dilakukan uji coba dari akhir tahun 2021 dan diluncurkan secara resmi pada Februari 2022 ini, tercatat sudah 1.771 dokumen yang diserahkan kepada masyarakat melalui layanan ini.

"Alhamdulillah layanan ini sangat memudahkan warga. Jika dulu warga harus mencari parkir dan turun dari kendaraan serta mengantre untuk mengambil dokumen, sekarang nggak perlu lagi. Dan karena kemudahannya, warga cukup antusias untuk memanfaatkan layanan ini," kata Arief dalam keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022).

Untuk mengambil KTP atau KIA, warga hanya perlu mengajukan dokumen kependudukan melalui aplikasi sobat dukcapil atau melalui website sobatdukcapil.tangerangkota.go.id, setelah itu pilih bagian pengambilan dokumen melalui layanan drive thru. Jika sudah, maka selanjutnya akan diverifikasi oleh petugas. Warga bisa mengambilnya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Layanan ini dapat diakses oleh warga secara gratis, dan jadwal operasional website dibuka pada hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB, di Gate Drive Thru Dukcapil, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Babakan Kecamatan Tangerang.

Warga Kecamatan Cibodas bernama Wahyu mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan pengambilan ini. Selain memudahkan, layanan drive thru ini juga dinilai dapat mempersingkat waktu.

"Iya, saya sangat terbantu dengan drive thru ini, saya nggak perlu turun dari mobil untuk mengambil KTP. Ngajuinnya juga hanya melalui internet, jadi nggak perlu bolak-balik," ujar Wahyu.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Fitri, warga Kecamatan Ciledug. Ia mengatakan layanan di Disdukcapil sudah sangat baik dan memudahkan dirinya dalam membuat KTP.

"Merasa terbantu banget dengan adanya drive thru ini. Prosesnya juga mudah, semuanya lewat online jadi saya hanya mengisi formulir di website nanti dikabari kapan untuk jadwal pengambilan juga jam layanannya. Datang ke sini tinggal langsung ambil KTP-nya saja," imbuhnya.

(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT