ADVERTISEMENT

Pelapor Minta Roy Suryo Terus Ditahan, Elza Syarief Heran

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 09:39 WIB
Roy Suryo
Roy Suryo (Foto: 20Detik)
Jakarta -

Pelapor berharap Roy Suryo tetap ditahan hingga proses hukum selesai dalam kasus meme stupa Candi Borobudur. Pengacara Roy Suryo, Elza Syarief, mengaku heran dengan permintaan pihak pelapor.

"Kita ini negara hukum, jadi yang punya aturan dan yang menahan terus atau tidak menahan atau menahan sebentar, menangguhkan atau tidak itu adalah hak subjektif dari penyidik. Jadi saya liHat ini kok dia intervensi kepada tugas dan kewenangan dari penyidik," kata Elza saat dimintai konfirmasi, Selasa (9/8/2022).

Elza menyinggung sikap welas asih. Menurutnya, permintaan agar Roy Suryo terus ditahan tidak mencerminkan sikap welas asih.

"Saya mengerti seorang pemeluk agama Buddha itu kan punya satu sistem yang namanya welas asih, kok jadi seperti ini berbicaranya dan dia mau mengintervensi penyidik," tuturnya.

"Kita sih pasrah-pasrah saja sama penyidik karena memang itu sifatnya kewenangan dan subjektif, jadi saya pikir ya silakan masyarakat menilai kok," sambungnya.

Elza menyebut Roy Suryo tidak melakukan penistaan terhadap Agama Buddha. Dia mengatakan Roy Suryo bukan yang pertama membuat meme tersebut.

"Apalagi kita menolak bahwa kita menista agama Buddha. karena yang membuat meme stupa Borobudur itu bukan klien kami, bukan Pak Roy, tetapi orang lain yang sudah terlebih dahulu kita laporkan. Kalau dinyatakan bersalah terkait reposting itu kan berkaitan dengan UU ITE, tapi bukan menista, itu yang saya selalu meluruskan, dia tidak pernah menista maupun menghina," kata Elza.

Elza mengatakan Roy Suryo mengunggah ulang meme tersebut untuk menarik perhatian pemerintah dan menurunkan harga masuk ke Candi Borobudur yang saat itu jadi polemik. Menurutnya, beberapa umat Buddha lain justru bersyukur karena akhirnya harga masuk Candi Borobudur batal naik.

"Kita salahnya adalah me-reposting dari meme stupa yang tujuannya saya tahunya untuk menarik perhatian saja kepada pemerintah untuk menurunkan harga masuk Candi Borobudur. Tujuannya sebenarnya hanya membela dan mendukung pemeluk agama Buddha bisa masuk sembahyang di Borobudur dengan harga murah. Dan itu banyak agama Buddha yang lain bersyukur dan berterima kasih kepada klien saya," ujarnya.

Sebelumnya, Roy Suryo mengajukan permohonan penangguhan penahanan sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur. Pihak pelapor berharap Roy Suryo tetap ditahan hingga proses hukum selesai.

"Kami berharap tetap dilakukan penahanan sampai proses hukum selesai," kata pengacara pelapor, Herna Sutana, saat dihubungi, Senin (8/8).

Herna meminta penegakan hukum di kasus penistaan agama yang menjerat Roy Suryo bisa adil hingga tahap persidangan. Dia meminta semua pihak menghormati proses hukum yang tengah berjalan.

"Kita hormati saja proses hukum tanpa perlu melakukan manuver-manuver yang memancing reaksi negatif dari netizen. Kami berharap setiap orang menghormati proses hukum dengan tidak membuat peradilan di luar pengadilan," terang Herna.

Simak video 'Kilas Balik Roy Suryo hingga Ditahan karena Meme Stupa Borobudur':

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT