ADVERTISEMENT

Yang Belum Terjawab di Kasus Ferdy Sambo Bunuh Yoshua

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 08:35 WIB
Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo (dok. Propam Polri)
Irjen Ferdy Sambo (Foto: dok. Propam Polri)
Jakarta -

Polri sudah menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka karena memerintahkan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menembak Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Meski begitu, motif Irjen Sambo membunuh Yoshua masih menjadi tanda tanya.

Awalnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan insiden penembakan itu memang dilakukan Bharada E. Namun dia menyebut Bharada E melakukan itu atas perintah Irjen Ferdy Sambo.

"Timsus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap Saudara J yang menyebabkan Saudara J meninggal dunia yang dilakukan Saudara RE atas perintah Saudara FS," ujar Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

Sigit mengungkapkan pihaknya sampai saat ini masih mendalami terkait motif Irjen Ferdy sambo memberi perintah kepada Bharada E untuk menembak Brigadir J. Dia menyebut timsus masih mendalami terkait pemicu terjadinya insiden itu.

"Motif atau pemicu terjadinya peristiwa penembakan tersebut saat ini tentunya sedang dilakukan pemeriksaan dan pendalaman terhadap saksi-saksi, termasuk Ibu PC," kata Sigit.

Istri Ferdy Sambo Diperiksa demi Ungkap Motif

Jenderal Sigit memastikan pihaknya sampai saat ini juga masih berupaya memeriksa saksi-saksi yang mengetahui insiden tersebut. Salah satunya yang diperiksa, kata Sigit, yakni Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

"Tadi sudah saya jelaskan bahwa terkait dengan motif saat ini sedang dilakukan pendalaman terhadap saksi-saksi dan terhadap Ibu Putri," ujar dia.

Saat ini, lanjut Sigit, pihaknya belum bisa menyimpulkan apa motif Irjen Sambo memerintahkan pembunuhan itu. Namun dia memastikan motif itu akan jadi pemicu utama terjadinya pembunuhan tersebut.

"Jadi saat ini belum bisa kita simpulkan, namun yang pasti ini menjadi pemicu utama terjadinya peristiwa pembunuhan. Untuk apa kesimpulannya, tim saat ini terus bekerja. Ada beberapa saksi yang saat ini sedang diperiksa. Tentunya nanti akan kita informasikan," ucapnya.

Simak video 'Drama Kebohongan Ferdy Sambo, Otak di Balik Tewasnya Yoshua':

[Gambas:Video 20detik]


Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT