Pengakuan Tersangka Dapat Biji Kokain di Kebun Raya Bogor Terbantahkan

ADVERTISEMENT

Pengakuan Tersangka Dapat Biji Kokain di Kebun Raya Bogor Terbantahkan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 10 Agu 2022 05:32 WIB
Polisi Cek Info Tersangka Dapat Biji Kokain di Kebun Raya Bogor, Ini Hasilnya
Polisi cek pohon Erythroxylum novogranatense di Kebun Raya Bogor. (Foto:dok. Istimewa)

Polisi Bogor Cek Tanaman di Kebun Raya Bogor

Kasat Narkoba Polres Bogor Kota Kompol Agus Susanto mengatakan pihaknya telah menelusuri ke Kebun Raya Bogor namun tidak ditemukan tanaman koka Erythroxylum asal Amerika Selatan yang disebut sebagai penghasil biji koka bahan dasar kokain.

"Tanaman koka Erythroxylum (penghasil biji koka bahan dasar kokain) yang berasal dari Amerika Selatan tidak ada di Kebon Raya Bogor," kata Agus dalam keterangannya, Selasa (8/8).

Agus mengatakan pihak KRB menyebut hanya memiliki koleksi tanaman yang jenisnya satu keluarga atau satu famili dengan Erythroxylum koka yang disebut-sebut sebagai bahan dasar kokain.

"Dijelaskan dan sambil diperlihatkan, bahwa di Kebun Raya hanya mempunyai tanaman yang bernama Erythroxylum novogranatense (Amerika Selatan) dan Erythroxylum cuneatum (lokal Indonesia) memang ada di Kebon Raya Bogor, masing-masing ada satu pohon, yang merupakan sejenis dengan tanaman Erythroxylum Koka," kata Agus dalam keterangannya, Senin (8/8).

Dari dua pohon koleksi KRB tersebut, lanjut Agus, hanya tersisa satu jenis, yakni Erythroxylum cuneatum yang merupakan tanaman lokal Indonesia. Sementara tanaman Erythroxylum novogranatense yang berasal dari Amerika Selatan kondisinya telah dinyatakan mati pada 02 Agustus 2022.

Baca di halaman selanjutnya: keterangan BRIN

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT