Update Kabar 6 WNI Tertahan di Kapal Sky Fortune Filipina: 1 Orang Sakit

ADVERTISEMENT

Update Kabar 6 WNI Tertahan di Kapal Sky Fortune Filipina: 1 Orang Sakit

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 13:22 WIB
MV Sky Fortune, kapal yang memuat 6 WNI. Mereka telantar selama 7 bulan tanpa gaji dengan kondisi mengkhawatirkan. (Dok Istimewa)
MV Sky Fortune, kapal yang memuat 6 WNI. Mereka telantar selama 7 bulan tanpa gaji dengan kondisi mengkhawatirkan. Ini foto saat kapal bersandar, sebelum kembali lagi ke tengah lautan. (Dok Istimewa)

Tujuh bulan tanpa gaji

Enam WNI itu sudah berada di MV Sky Fortune selama tujuh bulan dan tidak digaji. Masalah mereka ini viral diketahui publik lewat cuitan akun Twitter salah satu kru kapal tersebut, May (@maimeichil), 3 Agustus 2022.

Mereka bekerja di MV Sky Fortune mulai 5 Januari 2022, namun pada 19 Januari, kapal itu menabrak karang. Muatan beras di dalam kapal terendam. Kru kapal dari Indonesia disalahkan dan tidak dibayarkan gajinya.

Para WNI itu hidup di kapal yang parkir itu selama tujuh bulan. Mereka menghadapi masalah air bersih. Penyakit mulai menghinggapi.
"Kondisi di kapal tersebut sudah sangat menyedihkan dan mengkhawatirkan karena mereka tidak mendapatkan air bersih untuk mandi sehingga beberapa kru mengalami penyakit kulit dan tidak mendapatkan penanganan dari pihak medis," kata May.

Bila hujan turun, mereka menadah air dari langit supaya bisa digunakan untuk mandi dan mencuci baju. Mereka juga membuat WC darurat.

Dia berharap ayahnya dan lima WNI lainnya bisa segera diselamatkan. Keluarga membutuhkannya.

MV Sky Fortune, kapal yang memuat 6 WNI. Mereka telantar selama 7 bulan tanpa gaji dengan kondisi mengkhawatirkan. (Dok Istimewa)MV Sky Fortune, kapal yang memuat 6 WNI. Mereka telantar selama 7 bulan tanpa gaji dengan kondisi mengkhawatirkan. (Dok. Istimewa)

"Mohon doa dan bantuannya ya, semoga kasus ini dapat segera selesai. Karena kami harus melanjutkan hidup dan pendidikan namun bagaimana caranya jika tidak mendapatkan gaji satu bulan pun. Terlebih, kondisi kru Indonesia yang berada di kapal sangat mengkhawatirkan," kata May.


(dnu/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT